Icha Hariani Susanti

Icha adalah alumni Unesa yang sekarang menjadi guru bahasa Inggris di SMPN 4 Bojonegoro. Sebelumnya, selama belasan tahun dia pernah mrngabdi di SMPN 2 Kedungad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Page Number

Page Number

Ada satu lagi masalah sederhana dalam teknik penulisan karya tulis ilmiah (KTI) yang bikin puyeng: menuliskan nomor halaman. Sebenarnya, bagi mereka yang sudah menguasai office, hal ini sangat sepele. Namun kenyataannya, sering saya baca pertanyaan berseliweran di grup whatsapp (WA) tentang cara menuliskan nomor halaman. Jadi lagi-lagi, kalau merasa sudah paham, mohon abaikan tulisan ini. Tulisan ini hanya ditujukan untuk partai pemula hehehe….

Lazimnya, dalam KTI adal dua macam nomor halaman. Untuk bodi atau inti tulisan kita memakai angka arab (1, 2, 3, dst), sedangkan untuk lampiran kita gunakan angka romawi kecil (I, ii, iii, dst). Masalahnya, pengguna awam sering kesulitan memindah jenis angka, dari halaman berangka romawi kecil menjadi angka arab, atau sebaliknya. Nah, sekarang saya ingin berbagi trik untuk membuat nomor halaman sesuai keinginan kita.

Misal kita membuat KTI dengan total 20 halaman. Pada tujuh halaman pertama kita ingin menggunakan angka romawi kecil, sisanya menggunakan angka arab. Pertama, klik insert kemudian pilih page number, lalu klik format page numbers. Jangan lupa pilih letak nomor halaman sesuai keinginan kita. Lihat gambar berikut.

Selanjutnya, pilih number format. Klik pilihan angka romawi kecil. Lalu arahkan krusor ke bawah, klik start at, ketik I, lalu klik ok.

Kini kita sudah memiliki nomor halaman dengan angka romawi kecil.

Selanjutnya, kita akan mengubah halaman (viii) menjadi angka arab yang dimulai dengan angka (1). Letakkan krusor di halaman (vii). Klik page lay out, kemudian klik breaks lalu pilih next page.

Nah, sekarang kita bisa memasukkan nomor halaman baru dengan angka arab yang dimulai dengan angka (1) di halaman ke-delapan. Cara membuat nomor halaman sama seperti langkah-langkah di atas. Hanya saja, pada pilihan number format klik pilihan angka arab. Selesai sudah pembuatan nomor halaman pada KTI kita. Selamat mencoba.

Bojonegoro, 10 Agustus 2018

21.45 WIB.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih. Sangat betmanfaat. Salam semangat sll.

13 Aug
Balas

Alhamdulillah.... Sama2....

13 Aug



search

New Post