Icha Hariani Susanti

Icha adalah alumni Unesa yang sekarang menjadi guru bahasa Inggris di SMPN 4 Bojonegoro. Sebelumnya, selama belasan tahun dia pernah mrngabdi di SMPN 2 Kedungad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Running Dictation

Running Dictation

Pernahkah anda jogging di pagi hari? Mungkin sebagian besar dari pembaca akan menjawab pernah. Bagaimana jika jogging dilakukan di dalam kelas? Atau lebih ekstrim lagi, jogging di dalam kelas sembari belajar bahasa Inggris. Hhmm...kalau yang terakhir ini saya yakin belum banyak yang melakukan.

Tadi pagi, saya melakukan pembelajaran bahasa Inggris dengan materi Announcement sambil berlari. Sudah lazim, anak-anak sering merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang begitu-begitu saja. Membuat mereka aktif secara fisik dalam KBM bisa menarik perhatian mereka. Jika sudah tertarik mereka jadi senang. Harapannya, mereka bisa menyerap materi pelajaran dengan optimal. Berawal dari ide inilah akhinya saya memutuskan untuk menggunakan teknik Running Dictation pada materi kali ini.

Hal pertama yang perlu disiapkan tentu saja materi pembelajaran. Saya mencetak pengumuman (announcement) tentang peringatan hari jadi sekolah sebanyak delapan lembar. Kemudian saya minta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang (group of four). Untuk pembentukan kelompok kita bisa menggunakan berbagai macam teknik. Salah satunya dengan berhitung 1-8 (untuk membentuk 8 kelompok). Siswa yang mendapat nomor sama akan menjadi satu kelompok. Selanjutnya, saya menempelkan materi yang sudah saya cetak di tempat-tempat berbeda, di sekeliling kelas. Langkah berikutnya adalah meminta mereka untuk menentukan writer of the group. Masing-masing kelompok harus punya satu penulis, sisanya menjadi readers.

Setelah writer dan readers terbentuk, saya menginstruksikan siswa untuk berlari berganti ke arah dinding pengumuman. Mereka harus membaca pengumuman itu dan mendiktekannya kepada writer/ penulis. Beri waktu pada mereka untuk membaca dan mendiktekan seluruh teks pengumuman, 10 menit misalnta.

Gaduh? Mungkin iya. Namanya juga anak-anak. Disuruh berlarian seperti itu pasti akan gaduh. Untuk itu, guru harus benar-benar menjalankan peranannya secara maksimal. Ingatkan anak tentang tujuan pembelajaran, ingatkan anak untuk tidak terlalu gaduh sehingga mengganggu kelas sebelah dsb. Selama guru bisa memegang kendali, kegaduhan bisa teratasi.

Setelah 10 menit berlalu, saya meminta siswa menghentikan segala kegiatan larinya. Langkah berikutnya ada checking and discussion. Pada sesi ini, saya meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil kerjasamanya dan menukarnya dengan kelompok lain. Kemudian masing-masing kelompok ditugasi untuk mengoreksi tulisan kelompok lain, melingkari kata demi kata yang mereka anggap kurang tepat, sekaligus membetulkannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah terbentuknya kerjasama dan cara berpikir kritis. Sebagai reward, saya memberi hadiah untuk 1 kelompok yang bisa menemukan "kesalahan" kelompok lain terbanyak dan 1 kelompok lagi yang membuat "kesalahan" paling sedikit. Saya bisa melihat seluruh siswa senang dengan kegiatan ini. Kelonmpok dengan sedikit kesalahan merasa bangga, sementara yang membuat kesalahan terbanyak tidak perlu malu dan jatuh harga dirinya. Itu karena memang salah satu tujuan kegiatan ini adalah having fun.

Usai dengan kegiatan kelompok, kegiatan selanjutnya dilakukan secara klasikal. Saya membahas isi announcement yang mereka dapat dari berlarian tadi. Saya beri mereka pertanyaan-pertanyaan lisan yang mengacu pada teks, misal:

1. What is the announcement about?

2. When will the program be held?

3. Where will the program be held?, dst.

Demikianlah sharing saya tentang KBM saya pagi ini. Harapannya, melalui kegiatan ini siswa bisa belajar mendengarkan, berbicara, menganalisa serta berpikir kritis. Tertarik untuk menerapkannya di kelas anda? Boleh.... Semoga berhasil :D

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post