Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web

ANTUSIAS OUTING CLASS TERAPKAN P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN

ANTUSIAS OUTING CLASS  TERAPKAN P5 TEMA KEWIRAUSAHAAN

Oleh: Ida Kholidah

   

 

 

Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tetapkan tahun 2023 untuk menerapkan  kurikulum merdeka di semua jenjang pendidikan.  Penerapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka (kumer) di UPTD SMPN 1 Bungursari dilaksanakan pada kelas VII, sementara kelas VIII dan IX masih menggunakan Kurikulum K-2013.

 

Sebagai salah satu sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka (kumer) Tahun Pelajaran Tahun  2022/2023. UPTD SMPN 1 Bungursari sudah masuk P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang ke-3 yaitu kewirausahaan setelah tema kearipan lokal dan gaya hidup berkelanjutan yang penerapannya secara continue jangka panjang..

 

Adapun tema yang diusung dalam proyek ketiga ini adalah “Kewirausahaan” dengan judul membuat produk dari lahan TdBA yang bisa bernilai ekonomi dan memasarkan produk ke Warga Sekolah dan membuat laporan.

 

P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema Kewirausahaan dengan membuat produk yang berasal dari TdBA, mewujudkan peserta didik kreatif memiliki nilai gotong royong dan nalar kritis untuk peserta didik kelas tujuh dan berekayasa berteknologi dengan pemanfaatan aplikasi Canva. Penugasan bagi peserta didik dengan membawa produk, kemasan, stiker yang telah dibuat bagi kelas 7 (tujuh) A-K, guna menumbuh dan membudayakan karakter bernalar kritis , gotong royong serta berwawasan global mewujudkan SDM yang memiliki P3 (Profil Pelajar Pancasila).

 

Menurut Koordinator projek kewirausahaan Sulystiarini dalam pembukaan kegiatan outing class mengunjungi home industri dalam P5-Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka (kumer) di sekolah. Proyek tersebut berfokus pada aktivitas pembelajaran, pelatihan, dan praktik langsung yang di dalamnya terdapat penekanan pada dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila.”

   

 

Proyek semacam ini tentu menjadi suatu hal yang baru bagi sebagian besar peserta didik. Diharapkan, melalui kegiatan proyek ini, mereka dapat belajar lebih banyak tentang kondisi lingkungan di sekitarnya, membangun kearifan dalam interaksinya dengan lingkungan alam maupun sosial, dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pelajar Pancasila dan Pelajar UPTD SMPN 1 Bungursari dalam kesehariannya.

 

 

   

 

   

 

Selanjutnya, tema ini diusung dalam rangka merangsang jiwa – jiwa kewirausahaan bagi Siswa. Siswa nantinya akan mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi dan pengembangan usaha tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Contoh kegiatannya adalah Siswa bisa membuat stiker dengan konten lokal yang memiliki daya jual.

 

   

 

Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum

#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya !!!!!

 

Referensi :

Dokumentasi: Alifia, Ida Kholidah dan Sri Rahayu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post