Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
EKSKUL KALIGRAFI SMPN 1 BUNGURSARI
Syi'ar Islam Pada Remaja Melalui Goresan Kalam Ilahi

EKSKUL KALIGRAFI SMPN 1 BUNGURSARI

PROGRAM EKTRA KURIKULER KALIGRAFI

(Membentuk Pribadi Qur’ani)

Oleh : Ida Kholidah, S. Ag.

PENDAHULUAN

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Segala puji bagi Allah dzat Yang Maha terpuji, yang telah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk ( Huda linnaas). Curahan shalawat dan salam bagi baginda Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam kegelapan ke alam yang penuh cahaya Al-Qur’an ( Minadhulumaati ila nuur ).

Alhamdulillah kecintaan umat Islam Indonesia khususnya generasi muda terhadap seni kaligrafi Islam cukup bagus, terbukti di berbagai ajang perlombaan kaligrafi masih banyak yang mengikutinya. Namun demikian tantangan makin tersudutnya tulisan tangan oleh kesimpelan dan kecanggihan teknologi elektronik tak terbendungkan. Untuk itu perlu adanya usaha pemeliharaan dan pengembangan dengan metode yang sistematis, berkesinambungan dan variatif bagi generasi muda yang ingin menyalurkan bakat terpendamnya khususnya di SMP Negeri 1 Bungursari.

Akhirnya, untuk itulah ekstra kurikuler kaligrafi hadir di SMP Negeri 1 Bungursari sebagai wadah untuk menampung para peserta didik yang berminat menyalurkan bakatnya maupun yang ingin mengenal kaligrafi islam sekaligus sebagai usaha untuk mengangkat seni kaligrafi Islam kembali di kalangan generasi muda agar mereka lebih mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya.

LATAR BELAKANG

Al-qur’an merupakan kalam (firman) Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman kehidupan bagi ummat manusia. Dalam beberapa ayat disebutkan bahwa Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk, pembeda, dan obat. Dalam beberapa ayat Al-Qur’an disebutkan bahwa bagi orang yang senantiasa menyandarkan hidupnya pada petunjuk dari Allah, Dia tidak akan pernah takut dan khawatir dalam menghadapi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Fungsi Al-Qur’an tersebut akan terasa oleh seorang mukmin jika mampu membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataan di masyarakat menunjukkan bahwa mayoritas ummat Islam belum mampu membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an, apalagi untuk mengamalkannya.

Menyadari pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan seorang muslim, Pemerintah kabupaten Purwakarta melalui Perda No. 2 Tahun 2007 tentang penyelenggaraan Sistem Pendidikan di Kabupaten Purwakarta telah menetapkan “Baca Tulis Al-Qur’an” sebagai salah satu kurikulum “Mulok Wajib” untuk diajarkan di sekolah (Pasal 13 ayat 3). Lebih dari itu, SMP Negeri I Bungursari melengkapi ekskul kaligrafi sebagai follow up yang lebih serius untuk melaksanakan program pemerintah tersebut. Hal ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur’an sebagai pedoman hidup mereka sehingga terbentuk pribadi yang “Qur’ani”.

NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini dinamakan “Ekstra Kurikuler Kaligrafi” karena sepenuhnya di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah SMP Negeri I Bungursari Purwakarta yang diberi tema “Membentuk Pribadi Qur’ani”.

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari Ekstra Kurikuler Kaligrafi di SMP I Bungursari diantaranya adalah:

§ Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur’an

§ Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap seni kaligrafi Islam

§ Membekali peserta didik dengan kemampuan menulis Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah kaligrafi

§ Menyalurkan bakat-bakat terpendam yang ada pada peserta didik

§ Memelihara dan mengembangkan seni kaligrafi Islam.

KURIKULUM DAN MATERI KEGIATAN

NO.

BULAN

URAIAN MATERI

KETERANGAN

1

Juli

Pengenalan Kaligrafi Islam

Pengenalan kompetensi dasar peserta

2

Agustus

Pengenalan Khot Naskhi, Faritsi, Tsulutsi, Dewani dan khot khufi

Latihan

3

September

Khot Naskhi

Membuat karya di karton (alat tulis spidol dan cat air/krayon)

4

Oktober

Khot bebas (kreasi peserta)

Membuat karya bebas

5

Nopember

Lukisan Kaligrafi

Membuat karya di kanvas (media cat air)

6

Desember

Lukisan Kaligrafi

Membuat karya di kanvas (media cat minyak)

7

Januari

Pendalaman Khot Naskhi

Alat tulis spidol, pena, koas, pinsil double (2 pinsil)

8

Pebruari

Pendalaman Khot Tsulutsi dan Dewani

Alat tulis spidol, pena, koas, pinsil double (2 pinsil)

9

Maret

Pendalaman Khot Faritsi dan Khufi

Alat tulis spidol, pena, koas, pinsil double (2 pinsil)

10

April

Pengenalan Tata Warna

Latihan variasi warna

11

Mei

Pengenalan Ornamen kaligrafi

Praktek membuat kreasi hiasan kaligrafi

12

Juni

Khot Pilihan (bebas)

Karya bebas (gaya dan media bebas)

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ekstra kurikuler kaligrafi dilaksanakan satu kali dalam seminggu yang harinya ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama antara fasilitator dengan peserta dan dilaksanakan di lingkungan Masjid Baitul Hikmah SMP Negeri 1 Bungursari Purwakarta.

PELAKSANA DAN FASILITATOR KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Bungursari di bawah bidang kesiswaan yang menunjuk fasisitator baik dari guru maupun pihak lain yang berkompeten di bidang kaligrafi.

PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan ekstra kurikuler kaligrafi berasal dari seluruh peserta didik UPTD SMP Negeri 1 Bungursari yang berminat dan berkesempatan mengikuti program ini.

ANGGARAN BIAYA (BUDGET)

Sumber dana keseluruhan berasal dari BOS Pusat.

NO.

KETERANGAN

SEBANYAK

HARGA SATUAN

JUMLAH

1

Pembuatan buku panduan

Rp.

Rp. 100.000,-

2

Karton

50 lembar

2.000,-

100.000,-

3

Spidol kecil

2 lusin

12.000,-

24.000,-

4

Spidol besar

2 lusin

84.000,-

168.000,-

5

Pensil

2 lusin

12.000,-

24.000,-

6

Penghapus

2 lusin

12.000,-

24.000,-

7

Penggaris

2 lusin

60.000,-

120.000,-

8

Pena

2 lusin

60.000,-

120.000,-

9

Tinta bak

2 lusin

36.000,-

72.000,-

10

Cutter

2 lusin

12.000,-

24.000,-

11

Gunting

1 lusin

30.000,-

30.000,-

12

Stabilo

2 lusin

60.000,-

120.000,-

13

Krayon

2 dus

25.000,-

50.000,-

14

Cat air

6 dus

15.000,-

90.000,-

15

Cat Minyak

3 dus

45.000,-

135.000,-

16

Kuas

4 lusin

24.000,-

96.000,-

17

Palet

2 lusin

42.000,-

84.000,-

18

Tiner

1 kaleng

40.000,-

40.000,-

19

Kanvas

20 buah

20.000,-

400.000,-

20

Buku Kaligrafi

1 buah

25.000,-

25.000,-

21

Buku Tata warna

1 buah

75.000,-

75.000,-

Jumlah total Rp. 1. 821.000,-

PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat semoga menjadi maklum adanya, atas segala perhatian, dukungan, serta bantuannya kami mengucapkan terima kasih.

Bungursari, Juli 2022

Mengetahui,

Kepala UPTD SMPN 1 Bungursari Pelaksana Kegiatan

(Ir. Wawan Setiawan)) (Ida Kholidah, S. Ag.)

NIP. 1963090419890301008 NIP. 197608082008012004

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post