Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Religiouse Experience Peserta MABIT UPTD SMPN 1 Bungursari
Pelatihan intensif dalam ibadah Ramadhan dalam kegiatan Iā€™tikaf sebagai bentuk pengayaan religious experience untuk mengenal Tuhannya, mengenal dirinya, menyayangi sesamanya dan memelihara alamnya.

Religiouse Experience Peserta MABIT UPTD SMPN 1 Bungursari

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) merupakan salah satu program tahunan unggulan yang diselenggarakan oleh UPTD SMPN 1 Bungursari Purwakarta yang kental dengan kegiatan Islaminya juga sekolah yang berbasis TdBA. Tahun ini MABIT diselenggarakan untuk yang ke-XVI kalinya. Materi yang disuguhkannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan survey saat pembelajaran berlangsung, diantaranya tahsinul Qur'an, tahfidz, ibadah yaumiyah dan yang tak kalah pentingnya tentang save the earth serta motivasi dari alumni yang telah menorehkan prestasi dalam hidupnya.

Sejak beberapa tahun ke belakang kegiatan MABIT diselenggarakan sebagai acara puncak pada rangkaian kegiatan “Masantren di Sakola” UPTD SMPN 1 Bungursari. Sejalan dengan tujuan diadakan Masantren di Sakola yaitu dalam rangka meningkatkan proses pembentukan karakter peserta didik sesuai surat edaran Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Purwakarta Nomor TU.01.02/871-Disdik/2023 tentang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pada Bulan Ramadhan 1444 H/ 2023 dikonsentrasikkan pada penguatan aspek spriritual, sosial salah satunya pembelajaran kitab kuning dalam rangka mewujudkan peserta didik yang religius, maka MABIT ini akan membimbing peserta didik selama 24 jam agar mereka membumikan kecintaan terhadap Allah dan RasulNYA dalam kepeduliannya terhadap alam.

Setelah selama sepekan peserta didik menerima materi keagamaan secara klasikal dan kelompok, maka pekan terakhir ini mereka akan merasakan sensasi kegiatan di pesantren sesungguhnya selama 24 jam yang dikemas kolaborasi dengan alumni yang berbagi pengalaman mencari ilmu dan sudan menemukan manisnya ilmu dalam keberhasilan menorehkan prestasi yang membuat bangga orang-orang yang mengenalnya selain pemateri dari asatid GPAI BURSA itu sendiri.

Menurut Eva Siti Maria ketua Panitia MABIT, “Tema mabit yg ke-.16 ini adalah Membumikan kecintaan kepada Allah dalam kepeduliannya pada Alam”. Beliau juga menambahkan bahwa “Tujuannya Memberikan pelatihan intensif dalam ibadah Ramadhan dalam kegiatan I’tikaf sebagai bentuk pengayaan religious experience untuk siswa sisiwi SMPN 1 Bungursari”. Sedangkan Wawan Setiawan sebagai Kepala Sekolah mengungkapkan harapannya agar “siswa siswi SMPN 1 Bungursari menjadi siswa siswi yang mengenal Tuhannya, mengenal dirinya, menyayangi sesamanya dan memelihara alamnya.”

Kegiatan diawali dengan niat i’tikaf secara klasikal sebelum memasuki masjid dan membaca doa memasuki masjid dipimpin oleh ketua panitia dibantu oleh beberapa guru pendamping.

Kegiatan ini selain bermanfaat bagi peserta didik juga mengeratkan silaturrahim diantara warga UPTD SMPN 1 Bungursari baik guru, tata usaha, pustakawan maupun petugas kebersihan terlebih kepala sekolah yang selalu memantau kelancaran jalannya kegiatan serta memotivasi semua berbaur tanpa ada batas jenjang jabatan. Ada yang menyiapkan makanan, peralatan dan lain sebagainya. Semua terlihat bersinergi mensukseskan kegiatan MABIT.

Wallaahu a’lam

Baarakallah lanaa wa lakum

#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!

#Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!

Dokumentasi:

Sulistyrini, Eko Sumantri, Reni Widya Astuti, Ida Kholidah

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post