Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
SERUNYA LITERASI MULTIMEDIA
Penampilan drama mampu menarik perhatian dan minat siswa untuk berliterasi."

SERUNYA LITERASI MULTIMEDIA

Hari selasa merupakan harinya literasi sekolah di kabupaten Purwakarta karena sejak 26 Maret 2014, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menerapkan unsur tematik dalam sistem pendidikannya yaitu tujuh poe atikan. Hal ini merupakan falsafah dalam setiap pembelajaran di sekolah yang mengacu pada nilai-nilai karakter daerah.

Tema hari selasa adalah mapag buana. Mapag dalam Bahasa Indonesia berarti menjemput, sedangkan buana memiliki arti dunia.Dengan falsafah masyarakat Sunda yang berbunyi Miindung ka waktu, Mibapa ka zaman, setiap siswa di Purwakarta diharapkan memiliki kemampuan beradaptasi dengan segala kondisi zaman. Pada tatanan teknis, seluruh jenis peradaban dunia diperkenalkan setiap selasa kepada seluruh siswa salah satunya melalui gerakan literasi sekolah.

Pembiasaan karakter siswa berliterasi di UPTD SMPN 1 Bungursari dipimpin oleh Olin Marlina ketua Perpustakaan Sekolah dilaksanakan setiap selasa pagi sebelum pembelajaran, siswa membawa buku favoritnya. Kegiatan ini dilakukan dengan penyajian secara variatif yang diramu sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian dan minat siswa. Literasi Multimedia yang digerakkan oleh Eko Sumantri salah satu guru Bahasa Indonesia yang gemar teater menjadi salah satu bentuk penyajian yang menjadi moment ditunggu-tunggu oleh siswa dengan antusias. Mereka diajak untuk menyaksikan sekelompok temannya bermain drama kemudian mereka diminta untuk menuliskan sinopsis cerita dan membacakannya di depan. Seru dan riuh saat melihat ekspresi mereka sehingga suasana menjadi meriah.

Penyajian pembiasaan literasi seperti ini diharapkan dapat menghilangkan rasa bosan dengan bentuk penyajian literasi yang monoton hanya duduk membaca saja. Namun penyajian ini hanya sesekali dilakukan sebagai variasi saja karena yang lebih utama dalam literasi adalah menarik minat membaca siswa.

Wallaahu a'lam

Baarakallah lanaa wa lakum

Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!

Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!!!

Dokumentasi: M. Tajudin, Ida Kholidah, Andri Mardiati Rahayu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post