Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Menjadi seorang guru telah menjadi impian sejak kecil, Lulus Pendidikan Bio D3 IKIP Yogyakarta pada tahun 1987. Pada tahun 1989 ia memperoleh SK Penempatan di S...

Selengkapnya
Navigasi Web
BERKARYA MESKI USIA TAK LAGI MUDA

BERKARYA MESKI USIA TAK LAGI MUDA

BERKARYA MESKI  USIA TAK LAGI MUDA

Oleh: Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Guru Biologi dan Pembina KIR SMAN 1 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

 

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya, para penghuni langit dan bumi, hingga semut di lubangnya dan ikan membacakan sholawat atas orang yang mengajarkan kebaikan terhadap manusia.” (HR. Tirmidzi)

 

Ungkapan yang muda yang berkarya, itu sudah biasa. Tapi bila berubah menjadi berkarya meski usia tak lagi muda barulah luar biasa. Sesungguhnya usia tua atau lansia tidak menjadi pembatas untuk seseorang berhenti berkarya. Usia hanyalah sebuah angka. Angka yang yang melekat pada seseorang, dihitung mulai sejak manusia dilahirkan. Tidak sekedar melekat pada diri seseorang. Namun angka yang merupakan usia seseorang punya arti yang harus disiapkan di dalam menjalani tahapan-tahapan usia tersebut. Setiap tahapan usia masing-masing mempunyai ciri fisik, mental dan sosial yang  berbeda-beda.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata usia sama halnya dengan umur yang memiliki arti lama waktu hidup atau ada (sejak dilahirkan atau diadakan). Sedangkan berkarya dalam KBBI memiliki arti hasil perbuatan dan ciptaan. Bisa diartikan hasil olah rasa, hati, dan pikiran yang kita buat/ciptakan sehingga ada dampak sosial.

Batasan usia tua atau lansia di Indonesia adalah usia di atas 60 tahun (Depkes RI, 2019). Tidak dapat dipungkiri, usia di atas 60 tahun terjadi penurunan fisik, mental dan sosial secara alamiah. Namun demikian lansia bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan tahapan lanjut dari suatu proses kehidupan. Memasuki usia lansia, seharusnya bisa bahagia tanpa harus bertarung melawan penyakit yang biasanya melekat pada lansia misalnya kepikunan.

Lansia punya hak untuk sehat, mandiri dan produktif yang diwujudkan dari keluarga sehat, menerapkan perilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam hal-hal lain yang mendukung kesehatan. Menjadi tua dan lansia adalah kepastian, tetapi menjalani hidup usia lansia yang sehat dan produktif adalah hak. Tidak hanya itu, lansia juga punya hak untuk bisa mandiri secara ekonomi sehingga tidak menjadi beban sosial bagi anak cucu maupun masyarakat sekitarnya.

Menjadi tua adalah kepastian hukum alam dan tidak dapat dihindari. Menurunnya fisik hendaknya bukan jadi penghalang untuk tetap berkarya. Sebaliknya membiarkan fisik yang melemah tanpa karya akan memperpendek usia. Di saat fisik dan aktivitas menurun, itulah saat yang tepat  untuk menggali potensi dan mengaktifkan kembali kegiatan yang lama ditinggalkan selama masa produktif. Melukis, fotografi hingga menulis adalah contoh bentuk karya yang bisa diwujudkan disaat fisik sudah melemah. Berbagi ilmu lewat menu;is merupakan salah satu cara yang cerdas dalam membangkitkan motivasi diri untuk lebih bermanfaat bagi sesama.

Aktivitas menulis di blog Gurusiana setiap hari merupakan salah satu cara untuk berbagi manfaat sekaligus mencegah kepikunan. Menurut beberapa sumber terpercaya membaca dan menulis dapat meminimalisir kepikunan.

            Berkarya melalui tulisan meski usia tidak lagi muda merupakan salah satu solusi dalam menyiapkan usia memasuki lansia. Meskipun usia “produktif” sudah terlewat, namun bukan berarti tidak bisa produltif dalam berkarya lewat tulisan. Contohnya banyak sekali penulis Mediaguru Indonesia yang semakin produktif menjadi penulis menjelang lansia ataupun sudah memasuki lansia. Sebut saja Isak Isnain 3 tahun lagi menjelang usia pensiun atau purnabakti dari PNS guru di SMAN 1 Rangkasbitung semakin produktif berkarya. Juga Ida Nurul Kifayati (penulis) teman seprofesi Isak Isnain tidak mau kalah dalam berkarya. Jumlah buku antologi hasil pemenang lomba Mediaguru serta mengikuti berbagai even lomba lainnya kurang lebih ada 55 judul buku telah dihasilkan selama 2 tahun terakhir. Masih banyak lagi penulis lainnya yang memasuki usia senja lebih produktif dalam berkarya. Seperti dalam hadis milik Nabi Muhammad SAW., “Khoirunnas anfauhum linnas” yang maknanya adalah sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang dapat memberikan manfaat kepada manusia lainnya. Menjadi tua itu pasti, berkarya menjadi penulis berarti menciptakan kebermanfaatan dan kebaikan abadi. Selamat berkarya!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga lolos lomba bulan ini ya Bu

18 Jun
Balas

Aamiin sudah lama saya tidak ikut lomba pak Bambang....semoga bulan Juni menjadi keberuntungan...semangat lomba kembali.Aamiin.

18 Jun

Aamiin sudah lama saya tidak ikut lomba pak Bambang....semoga bulan Juni menjadi keberuntungan...semangat lomba kembali.Aamiin.

18 Jun

Aamiin sudah lama saya tidak ikut lomba pak Bambang....semoga bulan Juni menjadi keberuntungan...semangat lomba kembali.Aamiin.

18 Jun

Aamiin sudah lama saya tidak ikut lomba pak Bambang....semoga bulan Juni menjadi keberuntungan...semangat lomba kembali.Aamiin.

18 Jun

Wauw bgt ini bund. Smga lolos menang & sukses. Amin

19 Jun
Balas

Aamiin..terima kasih bunda @Fransiska kehadirannya.

20 Jun

terima kasih bunda Tri hadirnya dan SKSS

18 Jun
Balas

doa yang sama untuk pak Isak Isnain, semoga lulus dan menjadi pemenang di buku ini yaa...sebuku lagi

24 Jun
Balas

Selamat pak Isak Isnain pemenang lomba bulan Juni 2023. Terima kasih doanya dan doa-doa kita terkabul. Amin Yaa Robb.

24 Jun
Balas

Wuih, namaku disebut. Hanupis, Bu Ida. Semoga menjadi pemenang lomba Juni 2023.

20 Jun
Balas



search

New Post