IMAM GHAZALI

Penulis Sedehana asal Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Langkah-Langkah Perencanaan Kinerja SKP PMM

Langkah-Langkah Perencanaan Kinerja SKP PMM

1. Buka Google di Chrome atau browser lainnya

2. Ketik pmm guru jika guru dan pmm kepala sekolah jika kepala sekolah dan tekan enter

3. Klik Platform Merdeka Mengajar

4. Klik Buka PMM

5. Klik Masuk

6. Setelah klik masuk, jika anda sudah pernah membuka akun belajar.id di laptop atau komputer yang anda gunakan, maka akan muncul akun belajar.id anda. Segera klik email belajar.id tersebut. Kemudian klik “Lanjutkan”. Namun, jika belum pernah membuka, silakan klik “Gunakan akun lain”. Isi email dan password belajar.id anda dengan benar. Selanjutnya, pilih “Lanjutkan”

7. Klik “Pengelolaan Kinerja”

8. Klik “Mulai”

9. Setelah muncul data, pastikan data anda sudah sesuai dengan keadaan anda saat ini (lembaga institusi bekerja, NIP, Pangkat/golongan terakhir, jabatan, dan lain-lain. Jika sudah sesuai, klik “Data sudah sesuai”

10. Untuk melanjutkan, klik “Ya Lanjut”

11. Kini sudah berada pada perencanaan kinerja. Silakan klik “Raport Pendidikan Satdik Anda”. Ini untuk mengetahui nilai raport sekolah. Apakah dapat nilai baik (Hijau), Cukup (Kuning), dan kurang (Merah) di masing-masing dimensi (berisi indikator).

12. Yang dimaksud hasil nilai raport pendidikan Satdik itu yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Selanjutnya, silakan Klik “Saya Mengerti”.

13. Setelah di klik ‘Saya Mengerti”, akan tampil indikator yang direkomendasikan untuk perencanaan kinerja. Pilihlah yang diprioritaskan (berwarna merah)! Jika tidak ada yang merah, silakan pilih Kuning! Indikator yang dipilih hanya satu saja. Pada tahap ini, anda berada pada “Praktik Pembelajaran”. Untuk ini, saya coba pilih salah satu indikator yang Kuning yaitu dengan mengklik “Instruksi Yang adaptif”

14. Silakan klik “Ke Pengembangan Kompetensi” untuk memilih rencana hasil kerja (RHK).

15. Setelah terbuka “Pengembangan Kompetensi”, Silakan anda pilih sesuai dengan kemauan dan kemampuan kinerja yang ingin dilaksanakan. Poin keseluruhan minimal 32 per semester untuk memenuhi ekspektasi atasan. Jika lebih maka lebih bagus. Pilihlah jenis Pengembangan Kompetensi yang paling efektif dan berdampak untuk diri Anda! Untuk menyimpan, silakan klik “Simpan Draf”. Maksudnya jika Anda belum selesai semua dan keluar, maka yang diisi tidak hilang. Jika tidak diklik “Simpan Draf”, maka semua akan hilang yang sudah diisi dan Anda harus isi lagi dari awal.

16. Jika RHK sudah diisi semua, selanjutnya klik “Tugas Tambahan” yang berada di sebelah kanan. Tugas tambahan ini bersifat opsional

17. Pilih sesuai Surat Keputusan yang diberikan oleh atasan dan jenjang satuan pendidikan Anda. Anda juga dapat berdiskusi dengan atasan terkait pilihan ini. Jika tugas yang diberikan kepada Anda tidak termasuk dalam Tugas Tambahan di sini, maka Anda dapat melewati pengisian Tugas Tambahan dan lanjut ke halaman berikutnya (opsional). Jika Anda mendapat lebih dari satu tugas tambahan, silakan klik “Tambah”.

18. Ketika tugas tambahan sudah selesai diisi, silakan klik “Perilaku Kerja”

19. Ada tujuh aspek perilaku kerja yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Dari masing-masing aspek tersebut, pilih satu yang Anda ingin prioritaskan di semester ini

20. Jika 6 perilaku kerja sudah selesai diisi, langkah selanjutnya klik “Ke Rangkuman”. Ini bagian terakhir dari perencanaan kinerja.

21. Rangkuman ini merupakan bagian terakhir dari perencanaan kinerja. Semua yang sudah diisi dari awal sampai akhir, semua lengkap terekam di sana. Anda bisa cek ulang dan ubah sebelum mengajukan ke atasan. Format Perencanaan Kinerja akan kami sesuaikan dengan aturan yang berlaku. Jika belum yakin, silakan cek ulang tentang target kualitas, bukti pendukung, target kuantitas, dan poin. Jika ada yang kurang cocok, silakan klik “ubah”. Sebaliknya, Jika sudah yakin, silakan klik “Lanjut Ajukan”. Setelah itu, Anda berada pada posisi menunggu persetujuan dari kepsek. Jika disetujui, maka bersiap untuk melaksanakan perencanaan tersebut.

21. Perencanaan kinerja via PMM sudah selesai.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bapak ulasannya.

20 Jan
Balas



search

New Post