Ihah Parihah

Lahir di Kuningan Jawa Barat tanggal 26 Juli, Ihah Parihah bercita cita menjadi penulis sejak kecil. Putri ke tiga dari ayah KH. Imam Nawawi dan Ibu Tit...

Selengkapnya
Navigasi Web

INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET

INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI INTERNET

Ihah Parihah, S. Pd_Kab. Tangerang

Jaringan internet sudah menjadi kebutuhan pokok di era milenial. Hampir semua orang dari berbagai kalangan rela mengesampingkan kebutuhan lainnya demi terhubung dengan jaringan internet. Perusahaan, perkantoran, rumah makan, bahkan sarana transportasi sudah dilengkapi jaringan internet. Tidak bisa dipingkiri jika akhirnya internet merajai dunia. Persaingan perusahaan jasa telekomunikasi berlomba memberikan layanan paling maksimal. Dari mulai harga, kekuatan jaringan hingga promosi hadiah untuk menarik pasar.

Peran internet sebagai kemajuan teknologi informasi bagi dunia pendidikan sangat penting. Karena internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Internet menjadi sumber informasi bagi siapapun dalam mencari dan menyebarkan pengetahuan. Hasil penemuan dan penelitian, dapat dengan mudah, cepat, dan murah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Sehingga tumbuh kembang teknologi lebih merata. Guru dan siswa dapat dengan mudah mengakses pengetahuan dan memperluas wawasan diri melalui internet. Tidak ada batasan wilayah, waktu dan tempat untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi. Semua mempunyai kesempatan yang sama dengan kehadiran internet.

Hampir semua bidang keilmuan sudah terdapat di internet. Kebutuhan akan informasi dari setiap bidang studi yang diajarkan di sekolah seperti sejarah, biologi, matematika, musik dan lainnya, dapat diakses dengan mudah. Guru dan siswa dapat memperoleh informasi terbaru dan teraktual, mengakses perpustakaan digital, bahkan dapat belajar interaktif dan memperkaya pengetahuan melalui video pembelajan.

Beberapa manfaat internet bagi pendidikan adalah hadirnya inovasi pembelajaran dan kesempatan untuk belajar jarak jauh. Saat ini, belajar berbagai hal sudah tidak harus dilakukan secara langsung tatap muka dengan narasumber. Melalui fasilitas e-learning, siswa dan guru dapat berinterksi dan belajar berbagai hal secara online. Beberapa kursus juga bisa dilakukan melalui internet seperti kursus menulis, menggambar, komputer dan bahasa. Internet memberikan kesempatan yang luas bagi anak-anak di manapun untuk berkembang di berbagai bidang.yang dapat tercipta dengan memanfaatkan jaringan internet.

Kreatifitas lahir dengan cara membuat sebuah kegiatan berbasis internet dalam menyebarkan ilmu pengetahuan. Seperti hadirnya kelas online yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Beragam materi ditawarkan dan dipandu oleh narasumber ahli di bidangnya, bahkan dilengkapi oleh sertifikat. Kesadaran memiliki beragam kompetensi menjadi dorongan untuk menunjang berprofesi sebagai guru, maka animo masyarakat terlihat dari banyaknya peserta dari seluruh Indonesia.

Melalui internet, mimpi saya menjadi seorang penulis pun terwujud. Keikutsertaan dalam kelas online, membuat kesempatan belajar datang silih berganti. Salah satunya kehadiran kelas menulis dari sebuah grup guru di Telegram. Pesertanya terdiri dari ratusan bahkan ribuan guru dari seluruh pelosok nusantara. Sudah lebih dari satu tahun saya bergabung, dan dapat menghasilkan karya dalam bentuk buku antologi. Berbagai kelas bisa menjadi pilihan, dari mulai kelas novel, kelas puisi, menulis Penelitian tindakan Kelas, Kelas Menulis Antologi Opini Pendidikan, dan banyak jenis kelas lainnya. Dipandu seorang narasumber ahli, semua peserta menulis sesuai tema. Dalam kurun waktu satu bulan, paling sedikit satu buku bisa terbit dan promosinya bisa langsung tersebar melalui media internet.

Kelebihan mengikuti kelas jarak jauh, kita bisa mengikuti materi tanpa harus bertatap muka langsung dengan narasumber. Selain bisa dilakukan di mana saja, kelas jarak jauh memberi kita keleluasaan dalam belajar karena tidak terpaku pada ruang kelas. Kendala yang dihadapi biasanya karena jaringan yang tidak stabil, apalagi jika berada di luar kota. Maka memilih penyedia jaringan internet tercepat merupakan satu keharusan, agar pembelajaran tetap bisa berlangsung kapanpun dan di manapun. Semua orang dapat mengambil manfaat dari kehadiran internet, selama bijak dalam pemakaiannya.

#InternetPendidikan

#MediaGuru

#Indosat

Profil Penulis: Ihah parihah, S. Pd. Lahir di Kuningan, 26 Juli 1975. Bercita cita menjadi penulis sejak kecil. Putri ke tiga dari ayah KH. Imam Nawawi dan Ibu Titin Kartini. Menyelesaikan SD dan SMP di Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Alumi Pondok Pesantren Miftahul Huda Tasikmalaya tahun 1994. Lulusan program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Melati tahun 2009. Menyelesaikan S1 PGSD di Universitas Terbuka UPBJJ Serang tahun 2015. Dan sekarang berprofesi sebagai guru di SDN Tigaraksa 4 Kabupaten Tangerang Banten sejak tahun 2013. Tempat tinggal di Desa Munjul Kec. Solear Kab. Tangerang sejak tahun 1995. No HP 081574500697. FB: Farihah Rasyad. Email : [email protected] .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus idenya Bu.

05 May
Balas

Terima kasih Bunda.

25 Jun

Memang benar internet sekarang menjadi kebutuhan yang primer tidak hanya guru namun di kalangan masyarakat pun sangat membutuhkannya. Barakallah.

25 Jan
Balas

Baarokallah, terima kasih Bun. Saya baru buka kembali akun gurusiana.

25 Jun



search

New Post