Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Liburan Sekolah, Siswa Libur Mengapa Gurunya Tidak Libur?
source: freepik.com

Liburan Sekolah, Siswa Libur Mengapa Gurunya Tidak Libur?

Saya ingin bertanya kepada kamu. Iya, kamu. Kamu, iya, kamu. Para pejabat langitan di atas sana, yang kebijakannya mengikat seluruh guru.

Musim liburan sekolah telah tiba. Siswanya libur, mengapa guru-gurunya dilarang libur?

Berita Radar Bekasi, guru ASN wajib melakukan absensi selama siswa libur semester. Baca selengkapnya di sini: https://radarbekasi.id/2022/06/28/guru-asn-wajib-absensi-selama-libur-semester/

Di lingkungan Kemenag idem. Ada surat edaran tentang libur akhir semester pada madrasah, pada poin ke-3 tertulis: Guru madrasah sebagai ASN selama libur semester tetap masuk kerja seperti biasa.

Selengkapnya baca surat edaran di bawah ini:

Alasan yang mengemuka, selama liburan ini para guru harus membuat persiapan menjelang tahun ajaran baru nanti. Khususnya mengenai penerapan Kurikulum Merdeka.

Jadi akan ada banyak bimtek implementasi kurikulum merdeka diadakan sekolah yang wajib diikuti guru. Para guru hanya libur tidak mengajar siswa di kelas. Tetapi mereka tetap tidak libur, alias masuk.

Libur tetapi tidak libur? Iya, begitulah.

Padahal guru ya tetap perlu berlibur. Berikan waktu untuk sementara mereka nggak memikirkan rutinitas pekerjaan. Biar bisa refreshing sejenak. Nanti seusai liburan, mereka datang ke kelas dengan pikiran lebih segar.

Tapi, kok enak guru dapat jatah liburan panjang? Kan ASN lain nggak ada jadwal libur panjang kayak guru?

Eit, jangan salah. Jam kerja guru itu bukan sebatas jam masuk sekolah, seperti pegawai lain yang punya jam kerja kantor, lho.

Malam harinya guru sudah harus sibuk belajar. Mempersiapkan materi pelajaran keesokan harinya. Atau membuat soal ujian.

Terus kalau hari itu ada ulangan, guru juga pulang bawa tumpukan kertas. Di rumah, yang berarti di luar jam kerja resmi, guru juga disibukkan mengoreksi hasil ulangan siswanya.

Jadi, jam kerja guru sejatinya beda dibandingkan pegawai kantoran lainnya. Kalau kemudian jadwal liburnya ada perbedaan, ya maklum sajalah.

Kalau ada yang nyindir, enak dong jadi guru, bisa punya libur panjang? Ya sudah, jadi guru saja sana, haha hihi hehe, husy.

Perkara ada beban harus membuat persiapan jelang tahun ajaran baru, percayalah guru-guru pasti bisa melakukannya juga.

Bukan begitu, teman-teman guru?

Surabaya, 4 Juli 2022

/MI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya begitulah. Iya begitu, hehe. Mudah-mudahan nanti pas masuk, guru-guru nggak loyo menghadapi para siswa yang sudah liburan dalam keadaan segar.

06 Jul
Balas

Ya. Pak..Biasanya begitu...Persiapan jelang tahun baru dibuatnya di rumah juga,,sambil nyambi liburan....ndak perlu absen ke sekolah. Tapi karena tahun ini ada kurikulum baru..ada bimtek..ndak apalah juga hadir kesekolah bila dibutuhkan..

04 Jul
Balas

Koq ya guru yg dikuyo-kuyo.

06 Jul
Balas

Semoga ada kebijakan yang lebih bijak. Misal guru ambil cuti tahunan maka akan merepotkan teman lainnya karena siswa terlantar tidak ada gurunya dan teman lain harus menghandel kelas teman yg ambil cuti tahunan. Apalagi dalam suatu sekolah terutama SD gurunya pas, tidak ada guru piket.

05 Jul
Balas

Harusnya memang bgt karena guru padat jam kerja nya maunya libur dong biar bisa fresh fikiran

06 Jul
Balas

Betul sekali pak komanden, kita tidak rnjoy jdinya krn terbebani hrs absen. Tdk bs menikmati libur

05 Jul
Balas

Benar sekali Pak Komandan, guru libur sesuai siswa libur, kenapa harus masuk juga

05 Jul
Balas

Semoga hanya kelinci percobaan

06 Jul
Balas

Kalau di Batam guru bisa libur dengan mengajukan cuti, jd seperti ASN kantoran juga. Saya baru menghabiskan cuti 6 hari dari tanggal 27 sampai 2 Juli. Hari ini masuk seperti biasa mulai absensi 07.30 pulang 15.25

04 Jul
Balas

Guru wajib membuat penelitian jika mau kenaikan pangkat, pejabat membuat kebijakan apakah sudah diteliti ? he...he... maaf ya pak Haji

05 Jul
Balas

Liburan yang terbatas saja Pak karena sekolah masuk SP sehingga tugas IHT harus masuk kembali sambil menerima murid baru

04 Jul
Balas

Betuull bgt pak. Setahun penuh, sesekali lbr wkt mrd lbr, ga usah sm hr lbr nya dg mrd. 1 munggu atau 3 hr sj sdh senanggg bgt. Semoga

05 Jul
Balas

Ya betul, guru juga manusia. Butuh liburan dan butuh refreshing. Takutnya nanti saat masuk kelas, siswanya fresh pembelajaran akan tetapi gurunya gak fresh akibat gak liburan hehee...

05 Jul
Balas

Kalau guru tidak libur ketika muridnya libur, pas waktunya masuk sekolah. Gurunya tetap merana. Masuk dalam keadaan cemberut. Kayaknya begitu ya pak Ceo.

07 Jul
Balas

Super sekali Pak ulasannya

05 Jul
Balas

ASN lain bisa ambil cuti, sedangkan guru cutinya pas saat liburan semester aja. Jika di tempat saya Jatim.

04 Jul
Balas

Libur diselingi dengan IHT, dan pas ada kegiatan kesekolah. Dirumah secara mandiri menyusun kurikulum merdeka. Sampai malam ini masih mengerjakan perangkat

04 Jul
Balas



search

New Post