Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
LOMBA MENULIS BUKU GURUSIANA MEDIAGURU AGUSTUS 2022

LOMBA MENULIS BUKU GURUSIANA MEDIAGURU AGUSTUS 2022

Secara berkala, Media Guru Indonesia mengadakan lomba menulis buku. Temanya seputar literasi dan pendidikan. Harapannya, buku yang diterbitkan berisi kumpulan tulisan para pemenang lomba bisa menjadi inspirasi bagi guru se-Indonesia.

Lomba menulis periode Agustus 2022 mengangkat opini atau esai tentang bullying.

TEMA LOMBA:

SIAPKAH KITA MERDEKA DARI BULLYING?

Sinopsis:

Kasus bullying masih sering terjadi. Banyak anak mengalami efek fatal akibat perilaku itu. Mulai dari trauma hingga berujung kematian.

Salah satu kasus bullying yang sangat memilukan adalah yang menimpa siswa kelas V SD di Tasikmalaya. Siswa tersebut di-bully oleh teman-temannya sehingga mengalami depresi dan akhirnya meninggal.

Buku ini mengulas berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bullying. Bagaimana perilaku-perilaku itu dialihkan pada hal-hal positif untuk meraih prestasi.

Penulis dapat menyampaikan opini atau esai orisinalnya dalam bentuk esai dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

SYARAT PESERTA:

(1) Bergabung Grup Facebook Media Guru Indonesia (MediaGuru) Baru.

Jika belum, silakan join di sini: www.facebook.com/groups/MediaGuruIndonesiaBaru

(2) User Gurusiana

Jika belum punya akun, silakan daftar di sini: www.gurusiana.id

KETENTUAN NASKAH:

1) Isi tulisan mengulas opini atau esai "SIAPKAH KITA MERDEKA DARI BULLYING?"

2) Tulis artikel sesuai tema dengan ketentuan: ukuran A4, font Arial 12pt, margin normal (simpan dalam format doc., docx., atau rtf.)

3) Panjang artikel 450 - 600 kata.

4) Boleh menyertakan foto atau ilustrasi yang mendukung tulisan.

5) Sertakan biodata penulis singkat dalam bentuk narasi di bawah artikel. Minimal memuat nama lengkap, tempat tanggal lahir, jabatan, instansi, alamat e-mail, nomor WA aktif, dan 1 foto close up bergaya santai.

6) Posting tulisan di blog www.gurusiana.id dan bagikan ke grup Facebook Media Guru Indonesia (MediaGuru) Baru.

7) Naskah diketik dengan MS Word dan dikirimkan dalam format .DOC atau .DOCX, dilengkapi data pendukungnya, melalui form online: lombaagustus2022.mediaguru.id

8) Batas maksimal pengiriman naskah: Sabtu, 20 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

9) Panitia berhak mengedit naskah yang terpilih tanpa mengubah substansinya.

10) Naskah yang lolos seleksi akan diterbitkan dalam buku antologi.

11) Ketentuan panitia tidak dapat diganggu-gugat.

12) Setiap penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah.

KRITERIA PENILAIAN:

1. Kesesuaian dengan tema

2. Orisinalitas cerita

3. Keunikan cerita

4. Kelengkapan naskah

5. Kerapian naskah

Yogyakarta, 2 Agustus 2022

Mohammad Ihsan

Pemimpin Umum MediaGuru, CEO Gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bismillahirrohmaanirrohiim...Semoga ide muncul dan mengalir deras.

07 Aug
Balas

Nggak ada twibbonnya Pak CEO ?

07 Aug
Balas

Mantap lomba yang keren

03 Aug
Balas

Mantap. Insyaallah komandan

03 Aug
Balas

Kerena pak ceo

03 Aug
Balas

Kerena pak ceo

03 Aug
Balas

Bismillahirrahmanirrahim

16 Aug
Balas

Semoga bisa berpartisipasi. Aamiiin.

03 Aug
Balas

Keren. Bisa nggak ya....

03 Aug
Balas

Mantaf pak CEO...temanya menarik

03 Aug
Balas

In syaa Allah...

03 Aug
Balas

Bismillah

03 Aug
Balas

Bismillahirrohmaanirrohim

20 Aug
Balas

Tema yang cucok untuk mewujudkan kurikulum merdeka, insya Allah ikut semoga dimudahkan.aamiin yra

03 Aug
Balas

InsyaAllah ikut Pak CEO

03 Aug
Balas

Tema yang menarik.

03 Aug
Balas

Amazingggggggg....

03 Aug
Balas



search

New Post