IIN SUPMAWATI

Anak kedua dari tiga bersaudara. Tinggal di Jember. Guru Penggerak Angkatan 3. Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Pengurus LDB dan KGBN Jember. Pelatih...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK REFLEKSI MODUL 1.1 DAN 1.2
Hari ke-2

PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK REFLEKSI MODUL 1.1 DAN 1.2

Belajar Mandiri Modul 1.1.

1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.1?

Pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktivitas di modul 1.1 antara lain :

Metode Montessori, Frobel, dan Taman Anak.

Pidato sambutan KHD, refleksi filosofis dari Pak Iwan Syahril.

Dasar-dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu menuntunanak tanpa hukuman/paksaan, memperbaiki laku anak yang sudah mempunyai garis samar untuk ditebalkan segi positifnya, budi pekerti, kodrat, guru seperti petani, pendidikan yang memerdekakan.

Tujuan pendidikan menurut KHD yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP adalah

a. Menyamakan pemahaman dan mind dengan CGP.

b. Menyusun tujuan bersama, dengan program yang akan dilakukan.

c. memperbaiki cara pendekatan melalui hal-hal yang menyenangkan. Menghaluskan hati anak-anak melalui kegiatan seni, seperti seni tari, puisi, musik, batik, tenun, dll. Bisa juga melalu permainan tradisional, seperti congklak, gobag sodor, egrang, dll. Karena dengan seni, anak dapat lebih peka dalam berempati.

d. Melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak demi terwujudnya apa yang diharapkan.

e.. Meningkatkan pelayanan kepada anak.

Belajar Mandiri Modul 1.2.

1. Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.2?

Selama melakukan aktifitas di modul 1.2 banyak sekali pelajaran yang diperoleh, antara lain :

a. Agar dapat memberikan pendidikan, seorang guru perlu menguasai lima jenis ilmu.

b. Bagian-bagian otak, yaitu otak luhur, otak primata, otak reptil, dan otak mamalia.

c. Sistem berpikir cepat, dan lambat.

d. Nilai Guru Penggerak, yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif.

e. Peran Guru Penggerak,yaitu pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, pendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi.

f. Lingkaran pengaruh.

2. Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?

Untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP perlu dilakukan persamaan tentang pemahaman peran dan alasan menjadi guru penggerak, nilai yang harus dimiliki ketika sudah lulus menjadi guru penggerak. Selain itu juga diperlukan peningkatan lingkar pengaruh dengan memberikan contoh praktik baik pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

TIP Jitu Terbaik Pembekalan PP 2023: https://www.aleepenaku.com/2023/04/mulai-dari-pelatihan-tip-sederhana.html

17 Apr
Balas

Terima kasih Pak

19 Apr



search

New Post