IIN SUPMAWATI

Anak kedua dari tiga bersaudara. Tinggal di Jember. Guru Penggerak Angkatan 3. Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Pengurus LDB dan KGBN Jember. Pelatih...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBEKALAN CPP HARI KE-9

PEMBEKALAN CPP HARI KE-9

Nama : IIN SUPMAWATI

Kelas : 32

Koneksi Antarmateri - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

Bagaimana hubungan antara apa yang saya lakukan saat ini dengan apa yang telah saya pelajari sebelumnya

Hubungan antara yang saya lakukan saat ini dengan yang telah saya pelajari sebelumnya yaitu terjadi peningkatan dalam menyusun prakarsa perubahan di kelas/sekolah. Kalau sebelumnya saya mengenal BAGJA Inkuiri Apresiatif, kini bertambah pengetahuan tentang teknik ATAP. Hal tersebut memudahkan saya dalam menyusun dan menentukan kegiatan yang akan dilakukan.

Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

Iya, setelah mempelajari hal-hal baru saya semakin yakin bahwa pembelajaran yang memerdekakan sangat perlu diterapkan di kelas/sekolah dengan merancang program yang berdampak positif pada murid. Adapun penyusunan prakarsa perubahan dapat melalui teknik BAGJA Inkuiri Apresiatif dan ATAP.

Menggali Pengalaman

Ingatlah salah satu momen ketika Anda menjadi salah satu peserta atau fasilitator rapat, diskusi, sesi, atau forum untuk memecahkan sebuah masalah atau membuat konsensus. Tuliskan dalam forum diskusi sebuah cerita pengalaman yang mencakup jawaban dari pertanyaan berikut: Apa yang melatarbelakangi diselenggarakannya rapat, forum atau sesi tersebut? Mengapa rapat, forum/sesi tersebut membutuhkan seorang fasilitator? Tujuan apa yang ingin dicapai dan apa yang ingin disepakati pada rapat, sesi, atau forum tersebut? Bagaimana keterlibatan peserta dalam rapat, sesi atau forum tersebut? Apakah dalam rapat tersebut semua peserta rapat mendapatkan kesempatan menyampaikan pendapatnya? Apa faktor yang menyebabkan semua orang aktif/tidak terlibat aktif dalam rapat tersebut? Menurut Anda, apa tantangan yang sering dihadapi seorang fasilitator? Bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut ketika menjadi seorang fasilitator? Anda tidak perlu menjawab pertanyaan satu per satu. Pertanyaan dibuat untuk membantu Anda mengingat kembali hal-hal penting yang terjadi dalam proses fasilitasi yang pernah Anda ikuti. Buatlah cerita singkat dalam satu paragraf maksimal 150 kata untuk menceritakan pengalaman tersebut. Unggah cerita Anda dalam forum diskusi. Berikan tanggapan/komentar pada unggahan cerita Calon Pengajar Praktik yang lain.

Pada Rabu, 11 Januari 2023 bertempat di ruang guru SDN Sidodadi 01 diadakan rapat yang membahas tentang PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan tim yang akan bertugas dalam menyukseskan PPDB tahun pelajaran 2023-2024. Dibutuhkan fasilitator dalam rapat ini, dikarenakan adanya dua pendapat yang berbeda yang membelah peserta rapat menjadi dua kubu. Tujuan yang ingin dicapat yaitu terbentuknya tim yang bertanggung jawab dalam suksesnya PPDB di sekolah. Semua peserta terlibat aktif dalam rapat dengan mengemukakan gagasan yang dimiliki. Semua peserta mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Keaktifan peserta dikarenakan semua ingin terlibat dalam menyukseskan kegiatan PPDB. Disinilah peran fasilitator dibutuhkan. Adapun tantangan sebagai fasilitator yaitu dilema etika yang muncul, dimana dalam posisi di tengah-tengah. Seiring berjalannya waktu fasilitator dapat memfasilitasi semua peserta rapat dan tujuan akhirnya tercapai dengan damai.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MANTAP

23 Feb
Balas

Terima kasih

24 Feb



search

New Post