Iin Tri Kusminarni

Saya adalah pengajar tetap di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Sejak tahun 2000 merantau ke kota pahlawan untuk kuliah di sana. setelah lulus kuliah, saya bekerja d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyambut Bulan Cinta Rasul

Menyambut Bulan Cinta Rasul

Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, TPQ Masjid Sukri Adenan mengadakan serangkaian acara untuk memeriahkannya. Acara yang terdiri dari lomba - lomba, Sirah Nabawiyah, Sholawatan, dan kirab ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13 – 18 oktober 2021 jam 15.30 – 17.30

Selepas ashar masjid sudah ramai dengan celotehan para santri. Mereka sangat antusias mengikuti acara demi acara di Masjid. Tanpa terkecuali mereka semua mengikuti kegiatan termasuk lomba berdasarkan kelompok mengaji. Lomba yang dilaksanakan pada hari rabu – kamis ini meliputi : hafalan surat pendek, doa sehari-hari, adzan, dan mewarnai.  

Hari rabu, 13/10/2021 lomba difokuskan pada hafalan surat pendek juz amma. Setelah pembukaan sekaligus penjelasan teknis dan aturan lomba disampaikan oleh Ust Afif maka semua peserta berkumpul dalam kelompok jilidnya masing – masing, yaitu jilid 1 – 6. Setiap peserta akan berkompetisi di sana. Satu persatu peserta mengambil gulungan kertas yang bertuliskan nama surat yang akan mereka lafalkan. Ada tiga jenis penilaian dalam lomba ini yaitu hafalan satu surat penuh, sambung ayat, dan tebak surat. Tajwid, kefashohan dan ketelitian penting untuk diperhatikan.

Untuk hari kamis, 14/10/2021 dilaksanakan lomba hafalan doa harian untuk peserta putri jilid 2 – 6, adzan untuk peserta putra jilid 2 – 6, dan mewarnai untuk jilid 1 putra – putri.

Hari ini jum’at, 15/10/2021 adalah waktu yang ditunggu. Para juara akan menerima piala. Semua santri juga akan mendapat hadiah hiburan, tanpa terkecuali. Meski belum menang, mereka tetap mendapat penghargaan atas usaha dalam berkompetisi. Sebelum pembagian hadiah, acara dimeriahkan dengan Sirah Nabawiah dan sholawat bersama.

Selesainya acara, para santri pamit ke ustadzah yang berjajar di teras kiri masjid sambil menenteng bingkisan, hadiah hiburan serta piala. Semua bahagia menyambut Bulan Cinta Rasul, meski pandemi belumlah usai.

Dengan diadakannya rangkaian acara ini diharapkan para santri akan semakin mengenal, mencintai, dan meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Menjadi pribadi qur’ani, rahmatan Lil Alamiin.

 

BaitiJannati15/10/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post