Ika sri wijayanti

Guru SMK plus al mujahidi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Antara Adat, Agama Dan Budaya

Antara Adat, Agama Dan Budaya

oleh: ika sri wijayanti

tantangan hari ke 29

#tantangangurusiana

Indonesa merupakan sebuah negara dengan berbagai macam keunikan didalamnya , hal ini sebenarnya sudah tergambarkan pada lambang negara yaitu Pancasila dimana pita dibawahnya bertuliskan “ BHINEKA TUNGGAL IKA “ yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua. Dan memang kata inilah yang tepat untuk menggambarkan negeri tercinta kita yaitu INDONESIA.

Pada tulisan kali ini penulis tertarik akan adanya Adat Istiadat, agama dan Budaya yang ada di Indonesia Yang semuanya beragam. Mualai dari bermacam adat yang berbeda berdasarkan sukunya, beragam agama yang meliputi agama : Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan kong hucu

Beragam pula Budayanya tergantung dimana wilayah daerah masing-masing yang mepunyai ciri khas masing-masing.

Sebagai salah satu contoh yang diambil penulis adalah di pulau jawa. Dimana Pulau jawa ditempati tempat pusat pemerintahan Negara Indonesia yaitu di Jakarta. Dari satu pulau ini saja ternyata didalamnya terdapat banyak sekali ragam budaya dan adat yang berbeda antar masing-masing wilayah/ daerah. Misal di jawa timur banyak sekali kebudayaan kebudayaan daerah seperti : jaranan, reog ponorogo,Ludruk, , dll. Didaerah jawa tengah yaitu : wayang kulit, Ketoprak, wayang orang, jatilan ( yang mirip dengan jaranan ) dll. Di daerah jawa barat yaitu : Wayang Golek, Sintren, Debus dll. Dimana setiap pertunjukan mempunyai keunikan sendiri-sendiri dan menunjukkan begitu kentalnya adat istiadat dan budaya dimasing- masing daerah. Namun demikian yang tak kalah penting adalah adanya rasa saling tenggang rasa hormat menghormati antar sesama bangsa yang kiranya dapat jadi pemersatu keberagaman adat budaya dan agama yang ada INDONESIA. Maka kiranya negara INDONESIA adalah memang salah satu bentuk miniatur dunia yang beraneka ragam suku bangsa dan budaya serta agama namun masih bisa bersatu didalam satu negara yaitu INDONESIA.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post