Ika sri wijayanti

Guru SMK plus al mujahidi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bergelut dengan hama dan burung

Bergelut dengan hama dan burung

Musim padi sudah tiba, padi disawah sudah mulai menunjukkan buahnya dan pada saat itu burung sudah mulai mencari makanan. Para petani sibuk untuk menunggui padinya dari serangan burung yang sangat menggila. Jika padi tidak dijaga maka para petani tidak akan merasakan hasil panennya. Setiap pagi dan sore kami harus kesawah untuk menunggui sang burung yang hinggap di padi. Tidak hanya burung saja tetapi karena musim penghujang yang bukan pada waktunya dan terjadinya malam hari mengakibatkan penyakit banyak yang timbul. Pada padi terdapat penyakit wereng yang sangat ganas sekali dan sulit untuk disembuhkan bahkan obat terbaikpun susah untuk mengatasinya. Tanda tanda adanya penyakit wereng pada padi:

1. Terlihat bitnik hitam pada padi

2. Daun mulai mongering dengan perlahan

3. Buah padi yang awalnya sehat dan berisi menjadi tak berisi atau berkurang beratnya

4. Jika sudah parah, daun dan batang mulai mongering dan roboh

Tak terbayangkan jika ke duanya, hama dan burung tidak dapat diatasi, bagaimana dengan nasib para petani yang sudah menunggu lama untuk melihat dan memanen hasil padinya. Pastinya para petani akan mengalami kerugian yang sangat besar sekali dan bahkan mereka tidak akan panen. Atau panen hanya sedikit sekali. Para petani yang lahannya menyewa akan terasa sekali kerugiannya karena modal yang mereka keluargkan untuk biaya tidak bisa kembali seperti semula, ibaratkan membuang uang dan membakarnya. Inilah sedikit curahan hati seorang petani yang sedang mengalami kegagalan panen.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post