Ika sri wijayanti

Guru SMK plus al mujahidi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MENJAGA AMANAH

MENJAGA AMANAH

MENJAGA amanah adalah perkara paling berat di dunia. Sebab, sifatnya keyakinan akan pemberian kepercayaan agar dijalankan dan terpelihara dengan baik. semua dari kita pasti mendapat amanah. yang berbeda adalah sikap kita terhadap amanah yang dititipkan allah subhanahu wata"ala itu. ada yang snagat manjaganya, namun tidak sedikit yang lalai. amanah itu dapat berupa benda, pekerjaan, perkataan ataupun kepercayaan hati.

Pekerjaan atau usaha tempat mencari rizki adalah amanat Allah yang harus ditunaikan dan dipelihara, dengan menepati waktu dan menjaga kejujuran. Menyia-nyiakan waktu dalam tugas kerja adalah khianat. Begitu juga korupsi, menyalahgunakan jabatan, manipulasi data dan sebagainya adalah khianat. Jika semua pegawai jujur dalam menunaikan amanat mereka, pastilah bangsa akan maju pesat dan pembangunan akan berjalan lancar, sehingga target yang telah ditentukan mudah tercapai.

Sebagai seorang pendidik kita mempunyai amanah yang sangat besar sekali yaitu mentranfer ilmu yang kita dapatkan. Ilmu pengetahuan yang Allah berikan pada manusia. Amanah ilmu ini harus ditunaikan dengan mengamalkan dan mengajarkannya pada orang lain. Kita harus selalu memenuhi apa yang menjadi hak siswa. Terkadang saya juga lepas kendali dengan meninggalkan atau tidak mengajar anak anak dikelas dengan alasan banyak pekerjaan tambahan tetapi semua itu tidaklah dibenarkan. Apabila semua amanah tersebut ditunaikan ,maka kita akan memperoleh kekayaan rohani yang tak ternilai banyaknya. Rasulullah SAW bersabda: “Empat perkara yang jika engkau pelihara baik-baik, kayalah engkau walaupun banyak kemegahan dunia yang tidak engkau capai, yaitu: Memelihara amanat, berkata jujur, perangai yang baik, mengendalikan kerakusan makan . semoga kita dapat menjaga amanah yang telah diberikan kepada kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post