IKA YULIATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda

Pendidikan karakter sangatlah penting bagi generasi muda sebagai penerus bangsa karena dengan pendidikan karakterlah bisa membentuk kepribadian seseorang menjadi yang lebih baik dan menjadi generasi muda yang berakhlak baik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengandung nilai dasar manusia yang akan menentukan sikap dan perilakunya terhadap Tuhan yang maha esa serta dilingkungan dimana mereka berada.

Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral, dimana tujuannya adalah untuk melatih kemampuan seseorang secara individu dengan ters menerus. Sehingga dengan pendidikan karakter dapat membentuk pribadi peserta didik menjadi yang lebih baik.

Dalam membentuk pribadi generasi muda, maka pendidikan karakter sangatlah penting karena dapat dijadikan sebagai penunjang pemersatu di lingkungan masyarakat. Disekolah, untuk memberikan pendidikan karakter, dulu pernah ada muatan pelajaran budi pekerti, dengan mata pelajaran itu peserta didik berasal tentang moral dan sopan santun dalam berperilaku.

Pendidikan pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat menunjang untuk pengembangan karaker manusia. Pendidikan pancasila bisa kita kenalkan padan anak mulai sejak dini dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Pendidikan pancasila sangatlah penting untuk generasi muda karena ini semua merupakan proses lanjutan dari pendidikan berkarakter bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat.

Pendidikan karakter haruslah kita tanamkan pada anak – anak penerus bangsa, kita mulai dari yang paling mudah dulu untuk kita lakukan yaitu kita mulai dari kejujuran, karena kejujuran adalah sebagai benteng dari semua perilaku kita sehari-hari. Sedih rasanya jika kita melihat seorang anak yang berperilaku tidak sopan terhadap orang yang lebih tua, terlebihdengan orang tuanya sendiri, itu semua membuktikan bahwa anak tersebut tidak berperilaku baik terhadap orang tuanya.

Masih banyak lagi pendidikan karakter yang harus dipahami dan dimengerti oleh generasi muda, yaitu keadilan, kita harus mengajarkan keadilan kepada anak – anak mulai sejak dini, supaya mereka terbiasa untuk menjadi sosok manusia yang adil. Dan kalau besuk ketika dewasa mereka semua menjadi pemimpin, dia akan menjadi sosok pemimpin yang adil, jujur dan bijaksana. Banyak orang yang mengharapkan seorang yang mempunyai pendidikan karakter yang baik.

Semoga dengan diterapkannya pendidikan karakter untuk generasi muda yang kita mulai dari anak usia sekolah dasar dapat mengantar mereka menjadi orang – orang generasi muda yang diharapkan menjadi penerus bangsa. Serta menjadi penerus bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat dan beradap.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post