Ikhlas Rizkiya

Saya Ikhlas Rizkiya, seorang guru PJOK yang ingin juga ikut dunia gemerlap tulis menulis....

Selengkapnya
Navigasi Web

MIMPI DAN BUNGA TIDUR

MIMPI DAN "BUNGA" TIDUR?

Tulisan ini bukan karena pasaran lagi panas saja, tapi sebuah kenyataan yang ingin saya sampaikan.

Saya yakin semua pernah bermimpi. Dalam tidur yang pulas, tiba-tiba nafas tersengal-sengal, mulut rasa tersumpal, hanya "Aaa... Aaa... Aaa"  saja yang terucap, kadang hanya seperti dikejar ayam tapi takut bagai dikejar singa, sampai untuk melangkahpun kaki terasa berat. Pernah mengalami seperti ini? Besar kemungkinan anda sedang mimpi buruk.

Ditengah-tengah bobok yang nyenyak, mata masih terpejam, bibir senyam-senyum, iler mengalir dari tempat yang lebih tinggi ketempat yang lebih rendah. Kadang terdengar suara "Ymm..." atau "Aah.." terpapar diwajahnya sebuah kenikmatan. Biasanya si dreamer  ogah bangun sebelum kisahnya usai. Ini indikasi anda mengalami mimpi indah. Indah itu relatif, indah menurut anda belum tentu indah menurut saya.

Bagaimana sih sebenarnya?

Disebutkan dalam hadis riwayat Bukhori dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله “Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”

Dalam sebuah tanya jawab seputar islam yang dimuat di konsultasisyariah.com, tanggal 10 September 2012, dijelaskan bahwa makna hadis di atas sebagai berikut:‌Bisikan hati. Terkadang seseorang memikirkan sesuatu ketika sadar. Karena terlalu serius memikirkan, sampai terbawa mimpi.‌Ditakuti setan. Mimpi yang datang dari setan. Bentuknya bisa berupa mimpi basah atau mimpi yang menakutkan.‌Jenis mimpi yang ketiga adalah kabar gembira dari Allah. Mimpi ini adalah mimpi yang berisi sesuatu yang baik dan menggembirakan kaum muslimin. (Keterangan Dr. Musthafa Dhib al-Bugha, salah seorang ulama bermazhab Syafi’i, dalam ta’liq untuk Shahih Bukhari).

Saya pernah mengalami mimpi aneh. Sungguh! Ini kenyataan, kenyataan bahwa saya memang bermimpi. Saya dikunjungi pemimpin umum Media Guru Indonesia, Bapak Muhammad Ihsan. Kebanyang kan bangganya dikunjungi motivator keren penggiat literasi Indonesia ini? Luar biasa.

Mimpi ini berlatar di kampung halaman saya, Koto Sani, X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat.  Seakan terlihat jelas gaya pak Ihsan berpakaian, santai tapi rapi. Saya semakin sumringah ketika beliau mengungkapkan kekagumannya pada negeri kelahiran saya ini. Terlihat ketenangan wajah beliau memandangi hamparan sawah yang menghijau dan lambaian pohon kelapa yang berjejer sepanjang aliran Banda. Hal ini menambah kebahagiaan di hati saya.

Tapi, diakhir kisah saya mulai jengkel dan kesal dengan Pak CEO gurusiana ini. Secara, Saya diminta bawa barang banyak sekali. Angkat ini angkat itu. Suruh ini suruh itu. Saya berpikir beliau sedang memanfaatkan saya. Mimpi indah saya berakhir duka.

Tapi itulah kenyataannya, saya telah bermimpi didatangi CEO gurusiana. Tak semua orang mendapatkan kesempatan serupa walaupun mimpi saya berakhir kecewa. Terimakasih ya Allah.

Sebagian orang sangat percaya kepada mimpi, bagi mereka mimpi menjadi pertanda sesuatu. Jika mimpi kecelakaan maka togel yang akan keluar angka sekian dan sekian. Jika mimpi pesta disebuah rumah maka akan ada yang meninggal dirumah tersebut. Jika mimpi dikunjungi Kyai Fulan maka harus membaca dzikir begini dan begitu. Dan sebagainya.

Saya meyakini  bahwa mimpi tidak bisa dijadikan dalil untuk melakukan atau mengamalkan sesuatu apalagi sebuah ibadah.  Mimpi menjadi pertanda sesuatu? Wallahu a'lam.

Menurut konsultasisyariah.com, ada beberapa hal yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika seseorang mimpi buruk: 1. Meludah kekiri 3 kali. 2. Memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari setan 3 kali, dengan membaca

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

“A’udzu billahi minas-syaithanir-rajiim” atau bacaan ta’awudz lainnya).

3. Memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut. 4. Atau sebaiknya dia bangun kemudian melaksanakan Shalat. 5. Mengubah pisisi tidurnya dari posisi semula ia tidur, jika ia ingin melanjutkan tidurnya, walaupun ia harus memutar kesebelah kiri, hal ini sesuai zahir hadis. 6. Tidak boleh menafsir mimpi tersebut baik menafsir sendiri atau dengan meminta bantuan orang lain.

Mimpi adalah bunga tidur tapi jangan sampai anda memimpikan "bunga" tidur. Selamat bermimpi!

 

IkhlasRizkiya Padang Besi, 17 Jumadil Ula 1440H, 24 Januari 2019

Sumber: https://konsultasisyariah.com/13594-tiga-catatan-tentang-mimpi-buruk.html

Foto hasil curian di akun Pak CEO, jika beliau komplen, fotonya akan saya hapus.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post