MENINGKATKAN KETRAMPILAN SENAM LANTAI KAYANG DENGAN BANTUAN GYMBALL
“MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI KAYANG DENGAN MEDIA BANTUAN GYMBALL PADA SISWA KELAS IV
SD NEGERI SAMBONGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2023/2024”
DI Susun oleh :
ILHAS NUR TAUFIK, S.Pd
NIP.19910628 202321 1 009
PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
PPG DALJAB ANGKATAN III TAHUN 2023/2024
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Meningkatkan Keterampilan Senam Lantai Kayang dengan Media Bantuan Gym Ball pada Siswa Kelas IV
LATAR BLAKANG
Latar belakang untuk studi kasus ini adalah pentingnya pengembangan keterampilan senam lantai kayang pada tingkat pendidikan dasar, khususnya di kalangan siswa kelas IV. Senam lantai kayang bukan hanya mengembangkan aspek fisik seperti keseimbangan dan kekuatan, tetapi juga memperkuat koordinasi motorik halus dan kemampuan spasial. Namun, tantangan dalam mengajarkan senam lantai kayang adalah membuatnya menarik dan bermanfaat bagi siswa. Dalam konteks ini, penggunaan media bantu seperti gym ball menawarkan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa dalam senam lantai kayang.
ANALISIS SITUASI
Kebutuhan akan Pengembangan Keterampilan Fisik dan Kesehatan:
Pendidikan jasmani dan kesehatan adalah bagian integral dari kurikulum sekolah dasar. Senam lantai kayang menawarkan pengembangan keterampilan fisik yang penting, termasuk keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi.
Tantangan dalam Pembelajaran Senam Lantai Kayang:
Beberapa siswa mungkin menghadapi kesulitan dalam mempelajari gerakan-gerakan senam lantai kayang karena memerlukan koordinasi yang baik serta keterampilan keseimbangan yang cukup.
Inovasi dalam Pengajaran dengan Media Bantu:
Penggunaan gym ball sebagai media bantu dapat menjadi inovasi yang menarik dalam pembelajaran senam lantai kayang. Gym ball dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan keseimbangan, merasa lebih percaya diri dalam mencoba gerakan-gerakan baru, dan menambah variasi dalam latihan.
Dorongan terhadap Minat dan Motivasi Siswa:
Penggunaan media bantu yang menarik seperti gym ball dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran senam lantai kayang. Hal ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif.
Dengan mempertimbangkan analisis ini, penggunaan gym ball sebagai media bantu dalam pembelajaran senam lantai kayang dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan serta minat siswa dalam senam tersebut.
ALTERNATIF SOLUSI
Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif:
Buat video pembelajaran interaktif yang memperlihatkan teknik-teknik dasar senam lantai kayang dengan penggunaan gym ball. Siswa dapat mengakses video ini di rumah untuk memperkuat pemahaman mereka tentang gerakan-gerakan yang benar.
Kegiatan Praktik Terstruktur:
Selain sesi pembelajaran di kelas, sediakan waktu tambahan untuk siswa berlatih menggunakan gym ball di luar jam pelajaran. Latihan ini bisa menjadi bagian dari program ekstrakurikuler atau diselenggarakan dalam bentuk kelas tambahan.
Pembelajaran Berbasis Permainan:
Rancang aktivitas permainan yang melibatkan penggunaan gym ball sebagai alat untuk mempraktikkan gerakan-gerakan senam lantai kayang. Misalnya, siswa bisa berpartisipasi dalam permainan estafet atau permainan kelompok yang mendorong mereka untuk menggunakan gym ball secara kreatif.
Kolaborasi antara Guru Olahraga dan Guru Seni:
Dengan menggabungkan elemen seni seperti tarian atau drama dengan senam lantai kayang menggunakan gym ball, siswa dapat merasa lebih terlibat dan terinspirasi. Kolaborasi antara guru olahraga dan guru seni dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih holistik dan menyenangkan.
Kompetisi dan Penghargaan:
Selenggarakan kompetisi senam lantai kayang menggunakan gym ball di antara siswa. Berikan penghargaan untuk pencapaian terbaik, termasuk peningkatan keterampilan, kerja tim, dan kreativitas dalam penggunaan gym ball.
Dengan mempertimbangkan berbagai alternatif solusi ini, sekolah dapat menemukan pendekatan yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan senam lantai kayang pada siswa kelas IV dengan menggunakan media bantuan gym ball.
EVALUASI
Pengukuran Keterampilan Awal dan Akhir:
Lakukan pengukuran keterampilan awal siswa dalam senam lantai kayang sebelum implementasi solusi. Setelah periode waktu tertentu, lakukan pengukuran keterampilan akhir untuk menilai peningkatan yang dicapai setelah penggunaan gym ball.
Observasi dan Penilaian Guru:
Mintalah guru olahraga untuk mengamati siswa selama sesi latihan dengan gym ball. Guru dapat memberikan penilaian terhadap kemajuan siswa dalam menguasai gerakan-gerakan senam lantai kayang dengan bantuan gym ball.
Survei dan Kuesioner:
Berikan survei atau kuesioner kepada siswa untuk menilai tingkat kepuasan mereka terhadap penggunaan gym ball sebagai media bantu dalam pembelajaran senam lantai kayang. Pertanyaan dapat mencakup aspek-aspek seperti kepuasan terhadap kegiatan, tingkat minat, dan persepsi terhadap peningkatan keterampilan.
Pengamatan Partisipasi dan Tingkat Kehadiran:
Tinjau tingkat partisipasi siswa dalam sesi latihan dengan gym ball serta tingkat kehadiran mereka. Kehadiran yang tinggi dan partisipasi aktif dapat menjadi indikator keberhasilan implementasi solusi.
Retrospesi Bersama:
Setelah periode tertentu, selenggarakan sesi retrospesi bersama antara guru olahraga dan siswa. Diskusikan pengalaman siswa dalam menggunakan gym ball, tantangan yang dihadapi, serta saran untuk perbaikan di masa depan.
Pengukuran Kinerja Akademik Terkait:
Selain keterampilan fisik, pertimbangkan juga dampak penggunaan gym ball terhadap kinerja akademik siswa. Misalnya, apakah siswa yang aktif berpartisipasi dalam latihan senam lantai kayang menggunakan gym ball juga menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi atau disiplin belajar?
Dengan menggabungkan berbagai metode evaluasi di atas, sekolah dapat memperoleh pemahaman yang holistik tentang efektivitas solusi penggunaan gym ball dalam meningkatkan keterampilan senam lantai kayang pada siswa kelas IV.
Top of Form
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap
trimaksih pak
trimaksih pak