Illah nafilah,s.pd

Berusahalah tuk menjadi lebih baik setiap hari...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkaryalah, Dunia Akan Menyapa
Lomba januari 2024

Berkaryalah, Dunia Akan Menyapa

Berkaryalah, Dunia Akan Menyapa Oleh : Illah Nafilah

Saat ada wacana berkarya untuk dunia, yang tergambar dibenak kita adalah bahwa berkarya itu menciptakan sesuatu yang besar, mewah, dan tentu mahal harganya, karena mesti menghabiskan banyak biaya. itulah salah satu hal yang tergambar dan terpikir oleh kita orang awam pada umumnya. Padahal suatu karya tidak selalu identik dengan hal yang besar, mewah ataupun mahal. Sesuatu yang kita tekuni dan biasa dikerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat bernilai, yakni sebuah karya. Sebetulnya apa sih karya itu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) on-line disebutkan bahwa kata karya terdiri dari dua suku kata yakni Kar dan ya, yang mempunyai arti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama hasil karangan). Masih dalam KBBI makna dari berkarya adalah mempunyai pekerjaan tetap, atau mencipta. Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa berkarya adalah seseorang yang memiliki kegiatan atau pekerjaan tetap terutama dalam hal mencipta, baik itu menulis, berkreasi dengan tari, mencipta aneka kerajinan tangan dan lain sebagainya. Tidak ada kaitannya dengan sesuatu yang besar, wah dan megah atau mahal. yang terpenting jika ingin berkarya dan di kenal oleh dunia, mulailah membuat atau menciptakan sesuatu dari hal-hal yang kecil, lalu Istiqomah lah didalamnya. Hendaknya kita tidak menaruh prasangka bahwa jika karya kita tidak dihargai atau hanya dipandang sebelah mata oleh orang lain, maka akan berhenti berkarya. Jika hal ini terjadi, sesungguhnya engkau sedang membuat lubang kuburan untuk karya besar yang sedang menantimu. Kesuksesan itu tidak di ukur dari seberapa banyaknya pundi-pundi yang engkau kumpulkan, akan tetapi dari seberapa banyak karyamu dihasilkan. Seberapa besar semangat yang kau kobarkan, dan seberapa kuat engkau bertahan dari gelombang ujian yang muncul kemudian mempengaruhi langkah-langkah mu, namun engkau sanggup bertahan. Maka sing sing kan lengan, mulailah berkarya dari kesukaan dan hobi mu, lalu teruslah berbuat dan berbuat, berkarya dan berkarya, sampai malas bosan menghampirimu, hingga mentari mampu mengubah gelapnya malam melalui Fajar yang terbit mendahuluinya. Lalu dunia akan berpaling memandang mu dengan decak kagumnya. Biarkan dunia memuji mu, tanpa mereka harus tau peluh, keluh dan tetesan airmata yang turut mengiringi saat perjalanan karya itu di buat. Biarlah itu semua menjadi catatan khusus penguat jiwa dan kesyukuran kepada-Nya, atas semua pelajaran yang sangat berharga, hingga gelar sukses yang diberikan dunia padamu akan menjadi kebanggan keluarga juga persembahan syukur pada Tuhan Yang maha kuasa. Oleh karenanya wahai jiwa, marilah terus berkarya untuk mu, untuk orangtua mu, untuk masyarakat mu, untuk negri mu, dan untuk dunia mu. Niscaya dunia akan bertepuk tangan padamu. Jangan berhenti di mulut orang, jangan merasa jerih dalam lirikan sinisnya. Teruslah melangkah dan hasilkan karya-karya mu. Bungkam mereka dengan kesuksesanmu kelak.

Profil penulis

Illah Nafilah,S.Pd Kepala Sekolah SD Negeri 021 Berapit kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu Riau. Fb. Bunda Nafilah IG. Bunda Nafilah Wa. 085265088877 Email . [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

yuk berkarya yuk!

25 Jan
Balas

Yuklah

01 Feb



search

New Post