Imam Nurimbawan

Cintai Proses......

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif

Peristiwa (Facts)

Kegiatan modul 1.4 ini dimulai pada tanggal 29 September 2023 yaitu Mulai dari diri, di sini saya diminta membuat catatan dan pertanyaan tentang kasus atau persoalan yang diberikan dalam LMS. Selanjutnya materi masuk pada eksplorasi konsep dan kegiatan ini dilakukan secara mandiri. Materinya yaitu Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, Restitusi, Lima Posisi Kontrol, Restitusi-Segitiga Restitusi.

Pada tanggal 6 Oktober 2023 masuk pada kegiatan ruang kolaborasi vicon 1 dengan memahami konsep budaya positif dan saling berdiskusi dengan CGP lain, saling memberi masukan dan penguatan serta saling menanggapi. Fasilitator membimbing dan mendampingi kami untuk diskusi dalam kelompok kecil. Ada 4 kasus masalah murid yang harus dibedah dan dihubungkan dengan materi budaya positif. Pada tanggal 7 Oktober 2023, kegiatannya kolaborasi vicon 2 dengan agenda presentasi hasil tugas kelompok. Di sini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kemudian kelompok lain menanggapi dan memberikan masukan terhadap tugas kelompok lainnya. Setelah presentasi tugas kelompok semakin sempurna karena ada masukan dari kelompok lain dan masukan dari fasilitator, maka selanjutnya diunggah ke LMS pada sesi unggah tugas ruang kolaborasi.

Selanjutnya untuk demonstrasi kontekstual, saya diminta mempraktikkan segitiga restitusi untuk masalah yang dilakukan murid di sekolah. Saya membuat video dengan skenario singkat dan memerankan kasus tersebut bersama siswa kemudian diunggah pada laman LMS. Pada tanggal 12 Oktober 2023 siang hari kegiatan elaborasi pemahaman bersama instruktur Budi Santosa di google meeting. Instruktur menjelaskan materi budaya positif beserta memberikan contoh-contohnya dalam penerapan di sekolah sehingga materi tersebut semakin mudah dipahami oleh CGP. Setelah itu saya membuat koneksi antar materi dan membuat rancangan tindakan aksi nyata dengan format yang telah disediakan dalam bentuk tulisan yang saya tulis di blog saya (https://imamnurimbawan.gurusiana.id/). Selanjutnya kegiatan terakhir dari modul 1.4 ini adalah aksi nyata. CGP diberi waktu hingga 30 Oktober 2023.

Hal baik yang saya alami dalam pembelajaran modul 1.4, saya memahami materi tentang budaya positif dan saya langsung menerapkan segitiga restitusi dalam menangani kasus siswa. Hambatan yang saya temui adalah membagi waktu antara tugas sekolah dan tugas mempelajari modul serta mengerjakan tugas di LMS. Namun meski begitu saya berusaha untuk bisa membagi waktu dan mengerjakan tugas-tugas dengan tepat waktu.

Perasaan (Feelings)

Selama pembelajaran berlangsung pada modul 1.4 ini, saya merasa senang dan tertarik karena materi budaya positif sangat bagus sesuai dengan tugas saya sebagai seorang guru BK. Dengan belajar secara berdiskusi kelompok, saya semakin paham mengenai materi budaya positif. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti Pelatihan Guru Penggerak ini karena materinya sangat menarik dan membantu saya dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Hal ini tentunya sebagai modal saya dalam mendidik murid di sekolah.

Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dari kegiatan pada modul 1.4 ini adalah saya mengetahui bahwa untuk menciptkan budaya positif di sekolah tidaklah mudah, dituntut kerjasama dan kekompakan dari semua pihak di sekolah, selain itu budaya positif ini harus dilakukan secara terus menerus. Budaya positif tidak bisa diciptakan dengan krjasama dari semua pihak di sekolah termasuk orang tua siswa dan masyarakat. Kerjasama yang baik dari semua unsur inilah yang akan memudahkan terciptanya budaya positif yang mengarah pada terbentuknya pembelajaran yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Hal yang tidak kalah penting dalam pembentukan disiplin positif adalah penerapan posisi kontrol. Dimana posisi kontrol sebagai manajer adalah posisi yang paling tepat dalam menangani permasalahan siswa. Saya dulu sering memposisikan diri pada posisi kontrol pemantau dan penghukum, sekarang harus sudah mulai belajar menjadi posisi kontrol manajer dalam penyelesaian permasalahan murid dan menerapkan segitiga restitusi.

Penerapan (Future)

Sebagai penerapan dari belajar mengenai budaya positif ini, saya mengimbaskan kepada rekan sejawat melalui desiminasi tentang materi apa yang sudah saya pelajari. Selain itu saya mempraktekkan budaya positif ini dengan membuat keyakinan kelas dan selalu menerapkan segitiga restitusi untuk memperbaiki kesalahan peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post