Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2
Refleksi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya menggunakan model 4F (Facts, Feeling, Finding, Future).
1. FACT (PERISTIWA)
Kamis, 15 Februari 2024 Mulai dari diri dan Ekplorasi konsep mandiri dimulai dengan mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Disamping itu CGP juga diminta mengisi 11 komentar pada kegiatan ekplorasi konsep – forum diskusi. Jumat, 16 Februari 2024 adalah jadwal Ekplorasi konsep - forum diskusi. Di menu ini CGP diminta untuk melihat ulang jawaban dari pertanyaan pemantik sebelumnya. Selanjutnya CGP diminta menjawab pertanyaan yang disajikan. CGP diminta untuk menanggapi 2 studi kasus dengan cara menghubungkan dengan materi pendekatan berbasis masalah dan pendekatan berbasis aset, serta Pengembangan Komunitas Berbasis Aset.
Senin, 19 Februari 2024 Ruang Kolaborasi pertama. Sebelumnya kami diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri atas 3-4 anggota terdiri atas guru dengan jenjang yang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Selanjutnya kami menentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta CGP. Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya untuk dipresentasikan pada keesokan harinya.
Selasa, 20 Februari 2024 adalah jadwal ruang kolaborasi kedua. Kami mempresentasikan hasil diskusi tentang aset yang ada didaerah kami secara bergantian. CGP dari kelompok lain menanggapi dengan memberian tanggapan, saran atau bertanya untuk memperbaiki hasil diskusi yang sudah dipresentasikan. Kegitan ditutup dengan mengunggah hasil diskusi ke LMS.
Hari Rabu, 21 Februari 2024 saatnya Demonstrasi Kontekstual. Dalam sesi ini kami diminta untuk menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang disajikan. Identifikasi yang CGP lakukan disajikan dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada. Dari tayangan video tersebut akhirnya CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran yang ada dalam video.
Hari Jumat, 23 Februari 2024 saatnya berjumpa dengan instruktur dalam Elaborasi Pemahaman. Saya mendapatkan materi dan penjelasan lebih dari instruktur untuk menambah pemahaman saya mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Sungguh pengalaman yang luar biasa.
Hari Senin, 26 Februari 2024 adalah jadwalnya Koneksi Antar Materi. Dalam koneksi antar materi ini saya diminta membuat kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. Di koneksi antar materi ini saya juga diminta pengkaitkan hubungan materi pada modul 3.2. dengan modul – modul sebelumnya.
Hari Selasa, 27 Februari 2023 saatnya aksi nyata. Disini saya diminta untuk mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah. Dengan melampirkan beberapa dokumen seperti: notulen pertemuan (mencakup siapa yang berbicara dan ide yang disampaikan, berikut kesimpulan pertemuan), foto proses pertemuan hasil pemetaan aset.
2. FEELING (PERASAAN)
Setelah saya mempelajari modul 3.2 ini tentu saya merasa senang karena menjadi orang yang beruntung dan bisa belajar bersama terkait salah satu materi di dalam guru penggerak. Melalui kegiatan ini saya jadi tahu bagaimana menjadi pemimpin yang mampu mengelola Sumber Daya yang ada di sekolah. Tentu hal ini tidak hanya berguna bagi saya, namun berguna juga bagi murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang di sekitar saya.
3. FINDING (PEMBELAJARAN)
Banyak hal – hal positif yang saya temukan dan pelajari dalam proses mengikuti pendidikan CGP utamanya di modul 3.2 ini. Karena di modul ini saya belajar apa itu sekolah sebagai sebuah ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan kelebihan, pendekatan ABCD, mengetahui karakteristik komunitas yang sehat, dan bagaimana mengelola aset – aset dalam sebuah komunitas. Dari beberapa materi ini saya belajar bagaimana mengelola kekuatan atau aset yang dimiliki sebuah komunitas dalam satu ekosistem yang mampu memberdayakan komunitas itu sendiri.
4. FUTURE (PENERAPAN)
Setelah Setelah mempelajari keterampilan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, kedepannya saya akan mencoba menerapkan dalam situasi nyata yang saya temukan saat saya menjalankan tugas sebagai pendidik. Bukan hanya untuk saya tapi saya akan menularkannya pada murid, teman sejawat, kepala sekolah dan orang – orang disekitar saya. Selanjutnya setelah saya mampu menerapkannya dalam situasi nyata saya akan melakukan refleksi dan kolaborasi untuk terus meningkatkan keterampilan saya dalam mengelola sumber daya yang dimiliki komunitas meskipun saat ini saya belum menjadi pemimpin komunita stersebut.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap