Im Tri Suyoto

Im Tri Suyoto, anak desa yang terdampar di kota tanpa bisa melepaskan kedesaannya. Sekarang berumah di Semarang, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS JITU AGAR KAWAN GEMAR MENULIS

TIPS JITU AGAR KAWAN GEMAR MENULIS

Banyak penulis pemula yang tumbang sebelum benar-benar menjadi penulis. Mereka baru saja memulai menulis namun beberapa saat kemudian langsung berhenti menulis. Kok bisa ya? Nyatanya bisa!

Ada beberapa sebab mengapa penulis pemula mudah tumbang. Biasanya seorang penulis pemula sangat mengharapkan respon dari orang lain. Penulis pemula berharap tulisannya apresiasi oleh orang lain. Paling tidak, mereka kepengin produk tulisan mereka dibaca oleh kalayak. Bahkan tidak sedikit penulis pemula yang berharap tulisannya dikomentari oleh orang lain.

Nah, ketika harapan tersebut tidak terpenuhi maka penulis pemula akan mulai kendur. Mula-mula agak kecewa dan seterusnya malas menulis. Ketika sudah tidak memiliki minat untuk menulis, maka matilah gelar kepenulisan mereka. Penulis pemula, tidak! Penulis profesional, juga tidak! Tumbanglah mereka sebelum benar-benar berdiri mengibarkan Bendera Penulis.

Sebagai seorang penulis yang sudah puluhan tahun bergelimang dengan pekat suramnya tinta kepenulisan, saya mau membagikan dua tips dari dua sisi bagi sahabat "gurusiana".

Pertama, bagi penulis pemula. Tulis saja apa yang Anda mau tulis. Setelah tulisan selesai, publikasikan sebagai sebuah dokumentasi penting dan pribadi. Tidak usah terlalu dipikirkan, akan dibaca dan dikomentari para suhu Gurusianer atau tidak. Tulis saja dan publikasikan!

Kedua, bagi para suhu "Gurusianer". Apa sih ruginya menyenangkan orang lain yang notabene para yunior?! Bukankah menyenangkan orang lain dalam hal kebenaran itu merupakan ibadah?! Jadi, ayo kita lakukan saling memberikan semangat menulis dengan cara membaca dan memberikan komentar kepada tulisan teman. Setuju, kan? He he he he tabik!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

selamat sangat memotivasi untuk menulis, salam kenal

25 Aug
Balas

Terima kasih Pak Sudarto. Salam kenal juga, Bapak.

25 Aug

Setuju, Pak Im. senang bisa bertemu Pak Im di Gurusiana. Terima kasih tipsnya, Pak.

25 Aug
Balas

Terima kasih juga Bu Usrotun . Ikut belajar ya

25 Aug

Setuju, Pak Im. senang bisa bertemu Pak Im di Gurusiana. Terima kasih tipsnya, Pak.

25 Aug
Balas

Sepakat bapak

25 Aug
Balas

Terima kasih Bu Dyahni Mastutisari

25 Aug

Cetarrrrr membahanaaa. Terimakasih untuk tips yang luar biasa ini. Salam literasi dari Medan. Salami sehat dan semoga sukses selalu...pak guru.

25 Aug
Balas

Terrrrrrrima kasih Bu Raihana Rasyid atas 4 kalimat penyemangat yg Ibu berikan pagi ini. Duh, bener kan aku jadi seneng. Terima kasih Ibu

25 Aug

Ini cocok buat memotivasi saya, pak. Penulis pemula, terimasih tipsnya.

25 Aug
Balas

Maju terus, Pak Imam Sapi'i. Yg senior juga ya lo Pak. Terima kasih, salam literasi

25 Aug

Setuju Pak...

25 Aug
Balas

Terima kasih Bu Rini, salam literasi

25 Aug



search

New Post