Inayatul Muchlisin

Saya hanya guru biasa yang ingin menjadi orang luar biasa. Bermanfaat bagi diri dan orang lain. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEGEMARAN BARU (Tantangan Gurusiana 60 hari ke-31)

KEGEMARAN BARU (Tantangan Gurusiana 60 hari ke-31)

KEGEMARAN BARU

(Tantangan Gurusiana 60/ hari ke-31)

Oleh: Inayatul Muchlisin

Dulu menulis itu sulit buat saya. Karena memang menulis itu keterampilan lanjutan dalam berbahasa. Ketika manusia baru lahir, dapat dipastikan tidak ada yang bisa menulis. Bayi yang baru lahir hanya dapat mengeluarkan suara tangisan yang seiring berjalan waktu maka anak kecil dapat berbicara melalui bahasa tiruan yang didengarnya. Jadi keterampilan bahasa yang pertama adalah mendengar, mendengarkan lalu menyimak. Setelah proses penyerapan berbahasa melalui audio dan visual maka barulah manusia mulai berbicara mengikuti bahasa sekitar. Mulai dari berbicara dengan kalimat sederhana hingga kalimat kompleks.

Menginjak usia sekolah maka manusia mulai belajar membaca. Membaca merupakan keterampilan lanjutan dari mendengarkan dan berbicara. Keterampilan membaca mulai memunculkan hal-hal yang abstrak yang digambarkan dalam bacaan. Dengan membaca, orang memahami lebih banyak tentang pengetahuan di luar lingkungannya yang mungkin tidak pernah dilihat atau didengar di lingkungan sekitar.

Keterampilan selanjutnya adalah menulis. Keterampilan ini tidak banyak dimiliki orang. Kemampuan menulis bisa diwujudkan dengan banyak berinter aksi dengan berbagai hal. Hal yang didengar bisa dituliskan, hal yang dilihat,dan dibaca bisa dituliskan. Keterampilan ini membutuhkan banyak wawasan, baik yang dilihat, didengar maupun dibaca. Karena itu menulis membutuhkan banyak latihan. Bagaimana caranya? Tentu dengan membaca. Banyak ilmu yang bisa diserap dengan membaca. Selain itu tentunya dengan banyak menulis.

Sejak saya tergabung dengan gurusiana, saya mencoba menulis. Tentunya menulis dengan segala keterbatasan. Saya ikuti tantangan menulis untuk menguji seberapa kuat saya sanggup menulis. Akhirnya pekerjaan menulis ini menjadi kegemaran baru. Ingin rasanya istirahat dulu, ah, tapi sayang. Biarlah tertatih mengasah jemari mancari ide setiap hari, Termasuk hari ini. Di hari ke 31 ini saya berusaha menulis sebagai pengasah diri. Mencoba mengikuti tantangan satu bulan ke depan. Bagaimana kira-kira akhirnya? Biarlah waktu yang menentukan apakah lanjut atau remedial.

Tangerang, 1 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap..lanjutkan hobi menulisnya..sangat bermanfaat

01 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih

02 Oct

Lanjut bun Insya Allah bisa menjadi luar biasa aamiin....

02 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Iip

02 Oct

Lanjut bunsaaaay... Jangan kendor, terus semangat. Nabung dan tebarkan manfaat selalu. Semangat.salam sukses

01 Oct
Balas

Terima kasih Bu Yenti

02 Oct



search

New Post