Indah Fermatasari, M.Pd

Indah Fermatasari, M.Pd adalah Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Lulusan Sarjana Ilmu Keguruan dan Pendidikan M...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pembentukan Karakter Religius di SMP Negeri 3 Bakam Kabupaten Bangka.

Guru dan peserta didik SMP Negeri 3 Bakam Kabupaten Bangka melaksanakan kegiatan rutin Mengaji dan Shalat zuhur berjamaah. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter religious dan meningkatkan kolaborasi antara guru dan peserta didik.

SMP Negeri 3 Bakam memiliki satu musholaumum, namun digunakan khusus peserta didik putra , dan terdapat satu ruang kelas kosong yang digunakan peserta didik putrid.

Kegiatan ini dilakukan setiap hari senin gingga sabtu, kecuali Jumat pagi peserta didik diarahkan ke masing – masing untuk membaca Surat Yaasin.

Pukul 12.00 s/d 12.40 semua sudah berada di Mushola” tutur Ibu Zauwiyah S.Ag selaku Guru Pendidikan Agama Islam

Shalt adalah kewajiban yang melekat bagi seorang muslim ketika saat akil Baligh. Mendengar nasehat tersebut, peserta didik langsung antrian dengan tertib mengabil wudhu. Patut dicontoh bukan?

Tahun pelajaran 2017/2018 kegiatan mengaji dan sholat zuhur berjamaah telah dilakukan. Pelaksanaan nya sepuluh menit sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan dan setelah KBM berakhir. Namun, diketahui berjalan kurang efektif sehingga pola pendidikan religius yang diterapkan mulai hari ini dijawdalkan berbeda.

Peserta didik SMP Negeri 3 Bakam adalah sang pegiat iterasi , bagaimana tidak. Setelah membaca satu ‘ain Ayat suci Al Quran secara tartil dan didampingi para guru, dilanjutkan juga dengan sari tilawah

“Sebaik – baik bacaan ialah Al-Quran” tutur Bapak Abdul Rahman, S.Pd selaku Kepala sekolah.

Khusus Rabu, kegiatan literasi Al-Quran dilaksanakan bertahap. Jadwal yang tercantum berbeda Karena kurikulum di sekolh ini menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006. Sehingga terdapat perbedaan jumlah jam tatap muka pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2006. Kelas VIII dan IX memulaikegiatan ini pada pukul 12.00 hingga 12.40. sedangkan kelas VII sholat berjamaah dilaksanakan pukul 12.40 setelah KBM berakhir. Walaupun demikian waktu pulang pesert didik bersamaan pada pukul 12.50.

Demikian kegiatan Pembentukan karakter Religius di SMP Negeri 3 Bakam Kabupaten Bangka.

Bagaimana di Sekolah Anda?

Bangka, Rabu (6/2/2019)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post