Indah Permata Sari

Guru PAI di SMK Muhammadiyah 4 Padangan, yang sudah menuliskan 3 buku tentang keagamaan. Khadijah Masa Kini, Menjadi Muslimah Kaffah dan Mendidik Anak dengan Al...

Selengkapnya
Navigasi Web
KISAH PERBUATAN ZINA PADA ZAMAN NABI MUHAMMAD

KISAH PERBUATAN ZINA PADA ZAMAN NABI MUHAMMAD

Zina adalah perbuatan seksual di luar nikah yang diharamkan dalam Islam, dan zaman Nabi Muhammad saw. tidak terkecuali dari masalah ini. Ada beberapa kisah yang mencerminkan bagaimana Nabi dan para sahabatnya menangani kasus zina selama masa kehidupan mereka. Salah satu kisah yang terkenal adalah kisah tentang Ma'iz bin Malik.

Kisah Ma'iz bin Malik terjadi selama masa hidup Nabi Muhammad saw. Ma'iz adalah seorang lelaki Muslim yang datang kepada Nabi Muhammad saw. dan mengakui bahwa ia telah melakukan perbuatan zina. Nabi Muhammad saw. meminta Ma'iz untuk memastikan bahwa ia telah berbuat zina dengan benar-benar mengadakan hubungan seksual di luar nikah. Ma'iz mengkonfirmasi perbuatannya dengan tegas.

Nabi Muhammad saw. sangat berhati-hati dalam menghadapi kasus ini. Dia bertanya kepada Ma'iz beberapa kali untuk memastikan kebenaran pengakuan Ma'iz. Setelah yakin bahwa Ma'iz benar-benar telah berbuat zina dan pengakuannya tulus, Nabi Muhammad saw. mengutusnya untuk menjauhkan diri dari masyarakat selama beberapa waktu agar dia bisa bertaubat dan membersihkan dirinya dari dosanya.

Namun, Ma'iz kembali lagi setelah beberapa waktu dan mengulangi pengakuan zinanya. Nabi Muhammad saw. masih berusaha memberikan kesempatan kepada Ma'iz untuk bertaubat, tetapi Ma'iz tetap bersikeras pada perbuatannya yang salah. Akhirnya, Nabi Muhammad saw. mengeluarkan hukuman yang telah ditetapkan dalam hukum Islam untuk perbuatan zina, yaitu hukuman cambukan.

Kisah ini menunjukkan pentingnya proses peradilan yang adil dalam Islam dan niat baik Nabi Muhammad saw. untuk memberikan kesempatan kepada individu untuk bertaubat dari dosanya. Hukuman zina dalam Islam diterapkan hanya setelah pengakuan yang tulus dan bukti yang cukup, dan penerapan hukuman haruslah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Sedemikian buruknya perbuatan zina, Rasulullah Saw. bahkan pernah bersabda apabila seseorang melakukan zina, maka iman telah lepas dari dirinya sebagaimana hadis yang Artinya: “Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi Saw. bersabda: Jika seseorang telah berzina, maka iman itu keluar dari dirinya seakan-akan dirinya sedang diliputi gumpalan awan (di atas kepalanya). Jika ia lepas dari zina, maka iman itu akan kembali kepadanya” (H.R. Tirmidzi) Demikianlah, begitu banyaknya dampak negatif dari perbuatan zina, sehingga seyogyanya menjadi ibrah dan bahan untuk refleksi bagi masyarakat terutama pemuda dan pelajar, yang sedang berjuang untuk menyiapkan masa depan dan menggapai cita-cita untuk memiliki kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, agar selalu berhati-hati dan menjaga diri supaya tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang melampaui batas dan norma agama. Sebagaimana hadis Rasulullah Saw. “Tidaklah seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita, melainkan yang ketiga dari mereka adalah setan” (H.R. At-Tirmidzi) Hendaklah para pemuda dan pelajar khususnya mampu untuk menjaga pergaulan, menundukkan pandangan dan melindungi dirinya agar tidak terjerumus pada perbuatan zina yang akan menghilangkan kewibawaan, harkat, martabat dan kehormatan dirinya dihadapan Allah Swt. maupun di hadapan sesama manusia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kisah yang menginspirasi dan sangat menarik

09 Sep
Balas



search

New Post