Indah Puspitosari, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
IMPLEMENTASI BUDAYA POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS
Merancang Kesepakatan Kelas

IMPLEMENTASI BUDAYA POSITIF MELALUI KEYAKINAN KELAS

A. LATAR BELAKANG

Disiplin Positif merupakan salah satu cara penerapan disiplin yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran serta memberdayakan anak untuk melakukan tanpa sogokan, ancaman, maupun hukuman. Disiplin Positif bertujuan untuk menjadi murid yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Penekanannya membangun kekuatan murid daripada mengkritik kelemahan mereka dan menggunakan penguatan positif untuk perilaku yang lebih baik. Dalam menciptakan Budaya Positif di sekolah dibutuhkan kolaborasi antara guru dengan kepala sekolah, rekan sejawat, orang tua, lingkungan masyarakat dan tentunya dengan murid itu sendiri. Dengan diterapkannya budaya positif tersebut diharapkan murid akan memiliki karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai kebajikan yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila.

B. LINIMASI TINDAKAN

Berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang pentingnya penanaman budaya positif di sekolah serta meminta izin untuk melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat. Membuat keyakinan kelas bersama semua warga kelas. Melakukan kegiatan pengimbasan pada rekan sejawat tentang konsep budaya positif dan bersama-sama menumbuhkan budaya positif di sekolah. Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk membuat keyakinan-keyakinan kelas melalui kasepakatan di kelas masing-masing.

C. TUJUAN

Membekali dan memotivasi murid agar mampu melaksanakan sikap disiplin positif dengan penuh kesadaran yang tumbuh dari dalam dirinya melalui pembiasaan sehingga terbentuk budaya positif

D. TOLAK UKUR

Murid dapat melaksanakan keyakinan yang telah disepakati dengan kesadaran diri

Terwujudnya pembiasaan-pembiasaan baik sehingga tercermin karakter Profil Pelajar Pancasila.

E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Dukungan dari kepala sekolah, rekan sejawat dan murid agar rencana tindakan yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan baik (kolaborasi). Sarana dan prasarana untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah (memanfaatkan kekuatan/ ketersediaan sarana dan prasarana). Dukungan dari orang tua dalam melakukan budaya positif di rumah (kolaborasi)

Berikut ini Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif :

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

24 Jan
Balas

Terimakasih

24 Jan



search

New Post