Indah Sukawati

Qudrat sebagai Literat. Inilah amanah yang pertama dititipkan Sang Pencipta kepada manusia, agar menjadi mulia dan mampu memimpin dunia. Mari membaca....

Selengkapnya
Navigasi Web

Cara Mudah Perpendek Link dengan GG.GG URL Shortener (Bagian II)

#TG hari ke-90

Melanjutkan penjelasan sebelumnya tentang penggunaan web gg.gg URL shorterner, pada bagian ini akan saya jelaskan langkah-langkahnya:

(1) Pastikan kita sudah memiliki link yang akan dipersingkat. Biasanya link yang panjang berasal dari data yang sudah diupload di Google Drive dan beberapa cloud penyimpanan lain.

(2) Setelah kita copy link yang panjang tersebut, buka web dengan alamat gg.gg

(3) Dalam tampilan yang muncul, paste link kita di kotak yang tersedia (bertuliskan Put your long URL here…)

(4) Sampai sini jangan terburu-buru untuk mengklik Shorten URL . Kalau kita langsung mengklik Shorten URL, link singkat yang akan muncul adalah suka-suka pihak GG.GG alias tidak sesuai keinginan kita, susah diingat, dan susah dicari. Maka harus kita ubah dengan menge-klik pada kotak kecil customize link. lalu beri nama sesuka kita dengan tanpa spasi. Inilah yang akan menjadi alamat link yang baru. Pendek, mudah dihafal dan sesuai keinginan kita.

(5) Apabila setelah klik pada shorten URL ada tulisan berwarna merah berarti kita harus menggubahnya sedikit karena nama link yang kita buat sama atau sudah digunakan orang lain. Apabila belum pernah digunakan maka akan muncul alamat link sesuai keinginan kita. Seperti pada contoh gambar http://gg.gg/indah9reproduksi.

(6) Selanjutnya alamat link yang sudah diperpendek cukup disalin atau copy lalu pastekan ketempat mana kita ingin bagikan. Bisa melalui WA (Whatsapp), IG (instagram), FB (Face Book) dan lainnya sesuai kebutuhan kita.

Lebih lengkapnya silakan buka tutorial penggunaan GG.GG URL Shortener yang banyak tersedia di dunia maya. Mudah bukan?

Selamat mencoba!

Salam semangat guru literat!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post