Indartatik Susilo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kemeriahan Karnaval Antara Harapan dan Realita
Karnaval

Kemeriahan Karnaval Antara Harapan dan Realita

Tantangan guru menulis 30 hari, menulis hari ke 24

Dalam sebuah dialog imajiner, antara X dan Y yang mengobrol di sebuah kantin, terdengar percakapan mereka "Asli saya malas banget kalau disuruh belajar, tapi saya tetap ingin jadi Dokter kalau enggak ya pengacara atau guru boleh lah, kira kira bisa gak ya?" ujar Y bertanya kepada X. "hmm...bisa kok", ujar X. "Nah kan apa saya bilang, ga usah belajar juga bisa jadi dokter, tentara, guru kan", ujar Y sumringah. "Ya tentu saja bisa, kamu tinggal ikut saja karnaval Agustusan, sewa kostum profesi apa saja yang kamu ingin, otomatis keinginan kamu tercapai", ujar X.

Ya begitulah, sebuah karnaval biasanya memang menyuguhkan berbagai tontonan yang bersifat menghibur. Pawai juga merupakan replika kehidupan sebenarnya atau setidaknya potret ideal tatanan kehidupan masyarakat pada umumnya. Namun demikian namanya juga hiburan, seringkali yang tampak adalah hal-hal yang baik-baiknya saja, pada kenyataanya seringkali tak sesuai dari realita atau jauh dari apa yang ditampilkan saat itu.

Menurut kamus KBBI karnaval dapat diartikan sebagai pawai dalam rangka pesta perayaan, biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan. Untuk tema karnaval menyambut peringatan kemerdekaan misalnya, peserta karnaval akan mengenakan kostum yang berhubungan dengan perjuangan para pahlawan terdahulu, atau bisa juga mengenakan kostum baju adat daerah yang melambangkan kebhinekaan Indonesia sebagai satu negara kesatuan. Disisi lain kegiatan karnaval mendapatkan animo yang cukup besar baik dari peserta maupun masyarakat yang menonton. Totalitas peserta biasanya nampak dari kerja keras mereka mensukseskan acara dengan rela menyewa kostum mahal dan berpanas-panasan di jalan. Lalu selanjutnya apa tindak lanjut sesudah pelaksanaan karnaval atau pawai? Bukankah perlu usaha lebih keras dari kita semua untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan? Misalnya dengan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dengan saling menghargai perbedaan suku, ras dan agama.

Segala kemeriahan karnaval untuk menyambut hari kemerdekaan merupakan acara yang bagus tapi sudah selayaknya tidak hanya berupa euforia sesaat saja. Seluruh masyarakat hendaknya berusaha untuk menjaga semangat kebersamaan sebagai sesama anak bangsa dan tetap berkarya sesuai dengan bidangnya masing masing. Serta yang tak kalah pentingnya adalah selalu memohon keselamatan dari Allah SWT, semoga negeri ini senantiasa diberikan keberkahan dan keselamatan hingga Ahir masa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Renungan usai euphoria hari ulang tahun kemerdekaan. Ada (banyak) pergeseran makna dan tujuan/maksud para pesertanya, akibat tekanan hidup yang berat, sehingga hanya menjadi sekedar acara bergembira bersama melepas sejenak tekanan itu.Apa lagi ketika negara tak hadir dan mengapresiasi warganya.

04 Sep
Balas

Mantap ulasannya mbak... Sukses selalu

05 Sep
Balas

Terima kasih pak sudah berkunjung

05 Sep

Ulasan yang menggelitik, sangat menarik untuk direnungkan. Sukse Bu Indartatik, salam literasi.

05 Sep
Balas

Terima kasih responnya pak

05 Sep

Siip ulasannya, Bu. Biasanya habis karnaval, totalan dana... hehe... Salam sukses selalu.

05 Sep
Balas

he he he benar sekali bu

05 Sep

Aamiin. Selalu ada banyak jalan untuk mengisi kemerdekaan.

05 Sep
Balas

Leres bu, semuanya tergantung kepada porsi nya masing-masing

05 Sep

Aamiin. Selalu ada banyak jalan untuk mengisi kemerdekaan.

05 Sep
Balas

terima kasih sudah mampir bu pipit

05 Sep

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan perlindungan, terima kasih sudah mampir pak

04 Sep
Balas



search

New Post