Indartatik Susilo

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menumbuhkan Minat Belajar Siswa
OPINI

Menumbuhkan Minat Belajar Siswa

Guru menulis 30 hari, menulis hari ke 21

Selain sebagai pengajar, guru juga berperan sebagai pendidik di sekolah. Salah satu tugas guru sebagai pendidik adalah memberikan dukungan agar siswa terus maju dan berkembang. Saat ini tugas guru menjadi semakin berat terlebih ketika siswa berada pada kondisi psikologis dibawah rata-rata akibat pandemi. Hampir mayoritas siswa kurang memiliki minat belajar yang tinggi.

Sebagaimana kita ketahui minat belajar yang tinggi adalah bekal menjalani masa depan yang lebih baik. Kebiasaan rutin belajar dapat melatih kemampuan berpikir siswa dan membuatnya mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Motivasi belajar yang rendah bukan masalah yang ringan, karena dampaknya dirasakan hingga para siswa dewasa kelak. Rendahnya minat belajar juga berpengaruh pada rasa percaya diri siswa.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan minat belajar siswa? Terdapat beberapa alternatif cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa diantaranya yaitu:Pertama, pada awal pembelajaran guru mengajak siswa untuk membuat komitmen bersama atau disebut juga kesepakatan kelas yang didalamnya mengingatkan kembali apa tujuan mereka belajar di sekolah, cita-cita yang ingin dicapai serta prestasi/target apa yang ingin diraih. Kedua, guru dapat berbagi kisah inspiratif baik tentang diri guru sendiri maupun tokoh penting dunia. Jika guru memiliki pengalaman menarik dan inspiratif, ceritakan kembali dan jelaskan kepada siswa bagaimana prosesnya sampai dengan mencapai kesuksesan, melalui berbagi cerita inspiratif diharapkan siswa dapat termotivasi untuk belajar dengan giat. Ketiga, menggunakan metode mengajar yang variatif dan inovatif untuk menghindari kebosanan. Guru juga sebaiknya melakukan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodir kemampuan siswa yang beraneka macam. Keempat, melakukan pendekatan personal untuk mengetahui permasalahan belajar mereka baik di sekolah maupun di rumah, melalui komunikasi personal diharapkan siswa dapat lebih terbuka kepada guru untuk mengemukakan permasalahan yg dihadapi sehingga dapat dibantu pemecahannya. Kelima, memberikan ruang untuk berekspresi, bereksperimen secara terkendali bagi siswa. Cara ini bertujuannya untuk mestimulus rasa ingin tau siswa sehingga mereka dapat mengeksplorasi kemampuan mereka secara maksimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya.

02 Sep
Balas

Terima Kasih bu, sehat selalu

03 Sep
Balas



search

New Post