Indaryati Sugeng

Guru yang selama ini hanya ngajar dan koreksi tugas siswa tanpa pernah menyadari bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan untuk mencurahkan isi pikiran, hati ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nasi Jagung gurih, lezat, menyehatkan

Nasi Jagung gurih, lezat, menyehatkan

 

 Nasi Jagung gurih, lezat, menyehatkan

Indaryati

Guru MAN Temanggung

Makanan daerah di Indonesia  tak akan habis bila di tuliskan. Negara kita memang kaya akan budaya, tarian, rumah Adat, pakaian Adat, juga makanan.  Nasi jagung yang merupakan makanan daerah Temanggung Jawa Tengah. Makanan pokok warga Temanggung semenjak nenek moyang. Makanan ini pernah di kenalkan di Amerika oleh mahasiswa UGM.

Seorang anak asli Temanggung yang mendapat kesempatan ke luar negeri untuk  pendidikannya, kemudian mengenalkan nasi jagung ke Amerika Nasi jagung merupakan makanan alternatif ke dua setelah nasi putih. Nasi jagung adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar jagung yang sudah tua dengan nama jagung pipil. Proses pembuatan nasi jagung  sederhana dari merendam nasi jagung selama 4 jam kemudian diselep atau di tumbuk, disaring sampai mengkasilkan butiran butiran kecil.

Bila menginginkan untuk waktu yang lama bisa di jemur di sinar Matahari. Sehingga bisa di simpan dalam keadaan kering. Tetapi bila kita akan menikmatinya kita bisa mengukusnya sampai matang dalam waktu sekitar 20 menit. Nasi jagung ini dapat kita nikmati dengan pelengkap sayuran berupa urapan  sayuran desa ada kuti-kuti, joblok, daun kates, kenci (slada air) lauknya gereh atau ikan asin serta empis empis tempe.

Orang Temanggung akan merasakan kepuasan tersendiri apabila memakan masakan ini. Biasanya orang Temanggung yang bekerja di luar Negeri menjadi TKI, TKW, atau ABK akan sangat kangen dengan makanan ini sehingga pingin pulang kampung. Akan  merasakan nikmatnya pulang kampung bila sudah menikmati  nasi jagung tersebut.

Kandungan nasi jagung didalamnya terdapat gluten alami, vitamin C, vitamin B, magnesium dan kalium. Nasi jagung alternative sehat untuk diet dan penderita diabetes. Bila ingin merasakan nasi jagung silahkan singgah di Temanggung.  Nikmatnya akan membuat kangen siapa saja yang merasakannya.

Nasi jagung selain mudah cara memasaknya juga dapat di awetkan dalam jangka waktu yang lama, nasi jagung menyehatkan khusus untuk yang terindikasi gula darahnya tinggi nasi jagung merupakan alternative makanan pokok yang menyehatkan.

Pada tahun tahun terakhir ini ada penemuan nasi jagung yang instan. Nasi jagung yang sudah dikeringkan di terik matahari bisa di simpan dan di masak bila membutuhkan tinggal kukus saja dan di siram air, kukus dengan lama sekitar 20 menit dengan keadaan di tutup dan boleh dilihat tingkat kelembekan atau akasnya.

Nasi jagung dengan lauk empis-empis tempe cabe hijau, atau dengan tempe bongkrek santen pedas, beserta gereh, peyek gereh, boleh di tepung beras kriyuk dan renyah, ada juga lauk pendamping tempong nama lauknya. Tempong terbuat dari tempe yang di haluskan kemudian di bumbui dibentuk bulat dan di goreng.

Nasi jagung yang merupakan khas Temanggung ini selain bikin kangen juga menehatkan untuk siapa saja yang menikmatinya.

 

Temanggung, 20 Juli 2022

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pasti enak sekali. Sukses selalu untuk Ibu

06 Dec
Balas

Alhamdulillah, semoga sehat selalu bapak ibu semua

23 Jul
Balas

Sego jagung, sudah puluhan tahun tak merasakannya. Zaman SD, sekira tahun 1970an sering makan. Efek "zaman suzah". Hehehe. Salam literasi.

22 Aug
Balas

Jaman nggak susah seperti sekarang juga masih banyak yang cinta nasi jagung lho bun

21 Nov

Pasti weunak bunda... Pengen coba...

20 Sep
Balas

Ayo ke temanggung pak Mursalim

21 Nov



search

New Post