Indra Nurdianto, M.Pd.

Indra Nurdianto, lahir di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Alumnus S1 Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang/UM (2014) dan S2 Pendidikan Bahasa In...

Selengkapnya
Navigasi Web
Malam Berkah, Sambut PPDB dengan Pengajian dan Istigasah
Istigasah Keluarga Besar MA Almaarif Singosari

Malam Berkah, Sambut PPDB dengan Pengajian dan Istigasah

Malam Berkah, Sambut PPDB dengan Pengajian dan Istigasah

Oleh Indra Nurdianto, M.Pd.

Selasa (30/11/21), segenap Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari hadiri pengajian selasa malam rabu bakda salat maghrib berjemaah di Musala Soeratmin. Kegiatan rutin sepekan sekali ini diisi dengan mengkaji kitab Bidayatul Hidayah yang diasuh oleh Ustaz Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., hingga masuk waktu salat isya. Pada kesempatan yang baik itu Ustaz H. Slamet menjelaskan fasal tentang adab bangun tidur yang termuat dalam kitab bidayah halaman dua belas. Selanjutnya, ada empat inti sari yang disampaikan Ustaz H. Slamet dalam pengajian di malam penuh berkah tersebut.

Pertama, kita harus berusaha bangun sebelum fajar agar mendapatkan keutamaan salat fajar yang fadilahnya adalah mendapatkan dunia dan seisinya. Salat masih gelap (malam) itu lebih utama dari pada sudah terang (siang) karena disaksikan langsung oleh malaikat malam dan malaikat siang. Kedua, kita harus mengingat Allah SWT saat bangun tidur, minimal baca doa bangun tidur. Sebab saat manusia tidur, setan memasangkan tiga ikatan pada diri manusia. Jika manusia bangun dan berzikir, maka putuslah satu ikatan. Lalu jika manusia berwudu, maka putus lagi ikatan kedua dan jika dilanjut mengerjakan salat, maka lepaslah seluruh ikatannya. Sehingga, pada hari itu manusia akan menjadi bersemangat dan tidak malas lagi.

Ketiga, kita harus baca doa menjelang pagi agar mendapatkan rahmat dan pertolongan dari Allah SWT. Doa ini berbunyi, “Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.” Artinya, “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan bagi semua makhluk.” Keempat, saat berpakaian (setelah bangun) berniatlah melaksanakan perintah Allah SWT dengan menutup aurat dan jauhilah berniat agar dipuji manusia (pamer) agar kelak tidak merugi.

Seusai pengajian dan salat isya berjemaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan istigasah awal bulan desember. Istigasah kali ini diniatkan khusus untuk kesuksesan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), dan ilmu nafi’. Pembaacaan istigasah dipimpin langsung oleh Bapak Istiono, S.Pd.I., sedangkan doa istigasah dipimpin oleh Ustaz Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., Tampak Bapak/Ibu guru begitu khitmat dalam mengikuti jalannya istigasah malam itu. Di penghujung acara, Bapak Abdul Kadir, M.H., menyampaikan sambutan sekaligus beberapa informasi penting madrasah. “Aljama’atu rahmatun wal furqotu adzabun, persatuan adalah rahmat dan perpecahan adalah adzab,pungkas Bapak Kadir dalam sambutannya.

Semoga dengan terlaksananya pengajian dan istigasah awal bulan tersebut menjadikan civitas academica MA Almaarif Singosari senantiasa diliputi keberkahan, kemanfaatan, dan keutamaan. Semoga juga segala hajat keluarga besar MA Almaarif Singosari senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT. Amin. #Jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube (YT) MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram (IG) @aliyahsgs, dan sukai halaman facebook (FB) MA Almaarif Singosari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post