Indra Satria, SPd

Kepala SMKN 5 Kota Jambi "Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis". ( Imam Al-Ghazali)...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jutaan Alumni SMK dikandangkan

Jutaan Alumni SMK dikandangkan

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Dr Wikan Sakarinto dalam waktu dekat akan mengumpulkan lulusan pendidikan vokasi di tahun 2019. Pengumpulan data ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan vokasi di Indonesia. Program pertama kali dilakukan Wikan disebut sebagai terobosan baru untuk mencari tahu tentang data sebenarnya tentang lulusan SMK, Wikan akhir-akhir ini dibuat pusing dengan beberapa data yang menyebutkan SMK adalah Lembaga “pencetak” pengangguran, padahal SMK itu sejatinya menyiapkan tenaga siap kerja

Untuk pengumpulan data, Wikan akan melakukan riset evaluasi pelaksanaan program pendidikan vokasi atau Tracer Study. Riset ini menggunakan aplikasi khusus yang dikirimkan melalui pesan SMS dan email kepada lulusan pendidikan vokasi tahun 2019 dengan nama pengirim Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang langsung menyapa nama kontak sebagai responden. "Nantinya, akan ada beberapa petugas yang akan mendatangi sekolah SMK sebagai sasaran program, serta memvalidasi data kontak alumni lulusan pendidikan vokasi 2019. Rencana pelaksanaan pengumpulan data akan berlangsung hingga 6 Desember 2020 mendatang. Oleh karena, dia berharap satuan atau lembaga pendidikan vokasi dapat bekerja sama dengan cara memberikan data kontak lulusan pendidikan vokasi 2019.

Pelacakan jejak alumni ini juga demi mengetahui persentase kompetensi yang dimiliki oleh alumni setelah menamatkan Pendidikan vokasi , apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri (Dudi). Selain itu juga sebagai bahan riset untuk pengembangan SMK kedepan, agar output lulusan yang dihasilkan bisa diserap sepenuhnya oleh dunia usaha atau dunia industri. "Ini juga sebagai database alumni dan membangun jaringan dengan para alumni, serta bahan evaluasi atas kompetensi lulusan, kurikulum, tenaga pendidik, dan pengembangan sekolah/kampus. Selain dapat menjadi nilai tambah akreditasi bagi satuan pendidikan dan acuan pembuatan pelatihan, hasil penelitian juga menjadi alat monitoring instansi terkait, serta memudahkan industri mendapatkan informasi lulusan yang kompeten.

#Puri Masurai 2, 1 Desember 2020

#tantanganmenulisgurusianan365

#tagurh137

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mudah-mudahan alumni SMK kita juga dicetak untuk mampu mandiri, bukan sekadar menjadi pekerja.

02 Dec
Balas



search

New Post