INDRAWATI

Indrawati, S.Pd Kepala Sekolah SMP MUHAMMADIYAH 1 TULUNGAGUNG JAWA TIMUR Alumni Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang angkatan 2001...

Selengkapnya
Navigasi Web
 Metode Chunking : Perlu Dicoba di Kelas anda!

Metode Chunking : Perlu Dicoba di Kelas anda!

Bapak ibu guru pasti telah banyak mengenal metode chunking. Memang sebagian guru menganggap metode ini kurang menjiwai prinsip konstruktivisme. Di lain pihak, guru dituntun juga kreatifitasnya agar siswa mudah memahami konsep. Metode ini biasa sering digunakan di lembaga bimbingan belajar. Saya pribadi sebagai guru, sah sah saja apabila saya gunakan di kelas. Konsep biologi yang luas mengaharuskan guru kreatif.

Metode chunking ini awalnya saya terapkan di kelas 9 SMP. Karena siswa harus siap menghadapi ujian nasional.Saya kombinasikan dengan drill soal. Ternyata ada respon cukup baik dari siswa. Mereka bahkan sering minta untuk Materi Pokok ini apa ya..cara cepat ngafalnya. Alhamdulillaah... nilai rata UN juga meningkat.

Berikut contoh metode chunking yang saya gunakan. Mungkin bermanfaat bagi guru semua utamanya guru biologi.

Diseseli plastik ---menjelaskan organel tumbuhan: dinding sel ( disel) plastida (plasti) klorofil (k) Teman Gaul yg Gesit dan Strong ---- menjelaskan reaksi fotosintesis: Reaksi Terang ( te) di Grana ( Ga) Reaksi Gelap ( Ge) di Stroma (Stro) Ku Pa Hat Ginjal --- Menjelaskan Organ sistem ekskresi. Ku (kulit) Pa ( paru-paru) Hat ( hati ) dan Ginjal LaPAR---- menjelaskan enzim di lambung. La ( lambung) P (pepsin) A (asam klorida) R (renin) PLTA ---- menjelaskan enzim yg dihasilkan pankreas . P ( pankreas) L (lipase) T (tripsin) A (amilase) BiKini di Tubuh SeKar ---- menjelaskan konsep Peredaran darah besar .Bi (bilik) Ki (kiri) Tubuh (seluruh tubuh) SeKa ( serambi kanan Pak MAT --- menjelaskan tahapan pembelahan sel . Pak ( profase) M (metafase) A(anafase) T (telofase). LaTar LurEng ---- menjelaskan macam sendi La (pelana) Tar (putar) Lur (peluru) Eng (engsel).

Beberapa contoh diatas hanya sebagian sebenarnya tiap materi pokok bisa kita buatkan. Dengan pemilihsn diksi dan kata yang tepat atau lucu akan membuat siswa merasa lebih seru dan senang.Kita bisa menuliskan di papsn tulis drngan spidol multiwarna sehingga anak anak juga akan menandai konsep yang inti tersebut.

Untuk mata pelajaran lain saya kira juga bisa kita buat se atraktif mungkin. Tujuan kita agar anak tertarik sehingga motivasi belajar nya meningkat. Dengan demikian prestasi nya juga meningkat.

Selamat mencoba, mudah mudahan bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih pak..mohon sarannya .

25 Dec
Balas

Inggih monggo silahkan pak. Semoga beemanfaat untuk meningkatkan prestasi ke peserta didik

27 Dec
Balas

Bermanfaat sekali bu..

25 Dec
Balas

Bermamfaat bu Boleh nanti saya jadikan ptk ya

26 Dec
Balas



search

New Post