INDRAWATI

Indrawati, S.Pd Kepala Sekolah SMP MUHAMMADIYAH 1 TULUNGAGUNG JAWA TIMUR Alumni Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang angkatan 2001...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bahayanya Update Status Jika...

Bahayanya Update Status Jika...

Masyarakat dewasa ini lebih sering berkomunikasi dan berinteraksi lewat media sosial. Tak jarang jutaan bahkan milyaran akun facebook, twitter, wa dan instagram. Semua aktifitas di update dan di unggah secara bebas dan tidak terkendali. Selama yang di unggah adalah hal yang positip tidak menjadi masalah, kalau sudah melampaui batas bahkan melanggar UU ITE akan membahayakan si pemilik akun tersebut.

Di dalam ajaran Islam, aturan aturan bersosialisasi sudah sangat jelas. Kita dilarang menebar kebencian, fitnah, mengolok-olok, menggunjing. Walaupun di dalam status tersebut tidak disebuykan secara jelas nama yang hendak di sindir atau di perolok-olok. Akan tetapi niat tersebut yang sudah terlanjur salah. Ketika orang lain membaca dan berhubungan dengan pemilik akunbtersebut seakan status sindiran itu menjadi hal yang sangat berpotensi besar memicu pertikaian. Ini menjadi sangat berbahaya. Antar teman menjadi terputus silaturahim. Yang akhirnya akun nya diblokir dan seterusnya. Kebijaksanaan dan kedewasaan menyikapi dan menggunakan media sosial jadi prasyarat utama bagi setiap pemilik akun. Bukankah sekecil apapun niat dan perbuatan yang kita lakukan kelak akan dimintakan pertanngungjawaban di hadapan-Nya.

Update status menjadi hal yang harus diperhatikan serta dibutuhkan kehati-hatian bagi setiap pengguna. Banyak kejadian yang berujung pada somasi laporan hukum yang menjerat bagi para pemilik akun. Gunakan sosmed dengan bijak, jika tidak benar benar mampu berhati hati, kita harus siap siap atas resiko yang akan kita terima baik di dunia maupun di akhirat.

Sebaiknya kita update status yang optimis, berisi hal yang bermanfaat bagi banyak orang. Misal kalau hobi kita traveling kita upload tempat yang kita kunjungi dan ulasan serta masukan bagi yang akan berkunjung disana. Atau kalau hobi kita memasak bisa juga kita bagikan resep sesuai pengalaman kita. Saat kita bersedih update status yang bisa membuat dan menyejukkan hati. Saat kita marah dan kecewa seseorang kita tidak perlu mengumpat atau mencaci di status kita. Dengan begitu, hidup kita dalam bermedsos tidak akan terancam oleh perbuatan kita sendiri.

Banyaklah menggali informasi tentang undang undang ITE apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan bagi setiap pengguna sosmed. Jika kita suntuk jangan lihatlah status teman yang lucu lucu. Dengan begitu, kita sedikit terhibur.

Janganlah bermain api jika kita tidak inginn terbakar. Janganlah update status yang negatif jika kita tidak ingin diperkarakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post