INDRAWATI

Indrawati, S.Pd Kepala Sekolah SMP MUHAMMADIYAH 1 TULUNGAGUNG JAWA TIMUR Alumni Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang angkatan 2001...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tapak Suci Seni Bela Diri Tumbuh Kembangkan Multi Karakter Anak Didik SMP Muhammadiyah 1 Tulungagung
Team Tapak Suci SMP MUHAMMADIYAH 1 TULUNGAGUNG tampil dalam pelantikan pengurus IPSI di Pendopo Bupati

Tapak Suci Seni Bela Diri Tumbuh Kembangkan Multi Karakter Anak Didik SMP Muhammadiyah 1 Tulungagung

Pencak Silat merupakan seni bela diri khas milik Indonesia yang harus dilestarikan dan di ajarkan nilai nilai luhur nya kepada generasi muda. Melalui wadah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pencak silat terus memberikan warna sekaligus prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Seni bela diri Tapak Suci bukan hanya mengajarkan bagaimana melindungi diri dari orang jahat, akan tetapi dengan tujuan yang lebih luas terkait tujuan pendidikan karakter yang ditanamkan dalam ekstrakurikuler silat. Dengan latihan silat menanamkan peserta didik untuk senantiasa berolahraga untuk mrnjaga kesehatannya. Latihan fisik membentuk raga yang kuat, tangguh sehingga dengan mudah siswa akan menyerap ilmu dan sigap menghadapi setiap masalah di dalam kehidupannya. Di masa kini dan masa yang akan datang. Men sana in corpore sano , di dalam tubuh yang sehat terdapat akal dan jiwa yang sehat pula. Karakter disiplin juga akan terbentuk secara otomatis dengan latihan silat, karena jika tidak disiplin mustahil bisa menguasai jurus-jurus jitu. Karakter tanggung jawab juga diamanatkan dalam silat.Setiap ada kedholiman mereka harus mencegahnya.Membela yang benar dan melawan kemunkaran. Karakter cinta tanah air atau patriotisme melalui silat mereka punya jiwa dan keberanian yang besar untuk berjuang bela bangsa. Silat juga merupakan sebuah kesenian yang indah. Setiap gerakannya bisa berupa ekspresi seni gestur yang indah. Namun tetap tegas dan berani. Silat juga bisa dipilih untuk mengembangkan karakter sifat mulia untuk menjadi diri sendiri. Bisa menentukan sikap dan tidak tidak terpengaruh akan kelompok tertentu. Melalui didikan akan kesederhanaan dalam bersikap, tetap rendah hati serta menghargai orang lain.

Dengan berbagai ajaran dalam silat khususnya Tapak Sici tersebut, terlihat nyata karakter baik anak terbentuk sedikit demi sedikit. Sehingga tujuan tersebut sejalan dengan amanat pendidikan yang kami terapkan khususnya di SMP Muhammadiyah 1 Tulungagung. Semoga reportase ini memberikan manfaat untuk pendidikan, agar generasi di masa mendatang lebih siap menghadapi tantangan yang semakin sulit dan berat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Karakter tanggung jawab juga diamanatkan dalam silat.Setiap ada kedholiman mereka harus mencegahnya.Membela yang benar dan melawan kemunkaran. Karakter cinta tanah air atau patriotisme melalui silat mereka punya jiwa dan keberanian yang besar untuk berjuang bela bangsa ini seni bela diri asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk menanamkan karakter yang baik

03 Feb
Balas

Inggih bu leres...

03 Feb
Balas

Tulungagungg yang mana to Bu? Kalau saya di SDN 1 Kacangan Kecamatan Ngunut bu.

03 Feb
Balas

Barat alun alun.Monggo silahkan mampir

03 Feb



search

New Post