Indrya Fitri

Seorang ibu muda yang berprofesi sebagai pedidik dan juga memiliki peri kecil mungil yang berusia hampir 3 tahun. Aktivitas sehari-hari tidak jauh-jauh dari lin...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Lelah Menghampiri
Tantangan hari ke-56 (Sumber Gambar : https://www.hipwee.com/)

Ketika Lelah Menghampiri

Tantangan Hari ke-56

#Tantangangurusiana

Memasuki hari ke-56, semangatku mulai menurun. Ingin rasanya aku akhiri saja tantangan ini, namun sungguh sayang sekali jika harus berakhir karena sedikit lagi aku akan melewati fase kedua dari tantangan ini. Ide-ide terus mendesakku ungkapkan dalam bentuk tulisan, namun entah kenapa jiwa raga ini sudah mulai lelah. Ternyata konsisten melakukan selalu untuk waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. Jika tidak ada niat yang kuat dan juga komitmen maka tidak akan bisa melewati dengan seutuhnya. Hal ini pun mulai aku rasakan hari ini, tubuhku mulai terasa lelah bahkan pikiranku pun menuntut untuk aku beristirahat saja.

Rasa lelah yang mendera diriku apakah karena aku butuh refreshing karena jenuh dengan aktivitas sehari-hari ?, ataukah aku harus mencari aktivitas lain yang akan membuatku lebih bersemangat ?. Bahkan menatap layar laptop pun rasanya ku tak sanggup dan ingin rasanya hari ini aku rehat sejenak dan tidak menuliskan tentang apa pun. Kasurku lebih menggoda dibandingkan dengan deretan kata di layar laptopku. Rasa lelah yang menghampiri ragaku sepertinya disebabkan rasa jenuh dan penat akan rutinitasku.

Lelah sebenarnya adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk bekerja. Rasa lelah sebenarnya merupakan kondisi wajar yang bisa terjadi pada siapapun. Apalagi ketika beban aktivitas yang berlebihan sehingga tubuh tidak sanggup lagi untuk menahannya dan akhirnya muncul lah rasa lelah. Jika yang terjadi hanya kelelahan fisik, maka jalan satu-satunya adalah menghentikan semua kegiatan dan segera untuk beristirahat. Tubuh manusia juga memiliki batas untuk tidak terlalu diporsir sehingga mengakibatkan kelelahan.

Namun kondisi yang berbeda jika rasa lelah disebakan oleh terlalu banyak beban pikiran akibat aktivitas yang padat dan kejenuhan sehingga akan rentan pada gejala stress atau depresi. Jalan satu-satunya adalah menghentikan semua aktivitas, dan segera mencari aktivitas yang mampu menyegarkan pikiran misalnya berpergian dengan teman, bercanda dengan rekan kerja atau bahkan mencari tempat yang membuat suasana hati dan pikiran lebih baik. Itulah mengapa pentingnya menyempatkan diri untuk berekreasi ke tempat yang akan membuat pikiran lebih fresh. Rasa lelah yang aku rasakan hari ini sepertinya disebabkan oleh kejenuhan akan kegiatan yang sama setiap harinya. Namun aku beruntung masih memiliki si kecil yang membuat hariku lebih berwarna dan yang terpenting juga adalah rasa syukur atas nikmat yang diberikan khususnya nikmat sehat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Intinya rasa lelah pada diri seseorang itu wajar, namun bukan berarti rasa lelah membuat kita menjadi tidak produkti, mengeluh, uring-uringan bahkan tidak bisa mengontrol emosi dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mikk ade grup khusus mantap itu dpt saling mnyemangatin say...hayo semangat gik bbrp hri lg perak. Klo kmek ye gik jaoh ini hikshiks

18 Mar
Balas

Iye ne agik berape ari agik. Ade jua rupe ye rase bosan ne tp sayang dak diudaek sikit agik. cuma nganyaw yang aku dak bosan haaa

19 Mar

Tetap semangat Bu walau lelah

17 Mar
Balas

Semangat bu.. Ibu la sampai perak ye

18 Mar

Tetapnsmngttttt yaaaa, 4 lagi yeyee

17 Mar
Balas

Mangatt.. Sikit agik tapi mulai kendor hee.. Ternyata menulis itu dak mudh ye

18 Mar



search

New Post