Indzaka Amrul Khak

Indzaka adalah seorang trainer of quantum feeling, writer, sefter dan digital marketer. Indzaka lulus kuliyah di fakultas ekonomi unisma 45 pada tahun 20...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bukan karena kehebatan mu, Tapi karena KEBAIKAN Tuhan

Tantantangan hari ke 21

Bukan karena kehebatan mu,

Tapi karena KEBAIKAN Tuhan

Selamat pagi saudara beserta sahabatku sekalian, Salam sehat, salam bahagia, rezeki berkelimpahan.

Terkadang kita merasa sombong akan kemampuan kita, kecerdasan, dan keahlian saat kita mampu melewati urusan yang kita anggap sulit, membuat kita merasa paling hebat.

Sehingga ketika oranglain tak mampu melewati urusan sebaik kita, maka kita merasa tinggi hati.

Padahal tanpa sadar semua urusan yang bisa kita lampaui dengan baik bukan karena sepenuhnya kemampuan kita, tapi karena Tuhan mempermudah urusan kita jika kita juga menolong saudara kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.”

(Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu)

Perbedaan yang signifikan antara orang yang merasa dirinya hebat dengan orang yang merasa bahwa urusannya Tuhan yang mempermudah.

Orang yang merasa dirinya hebat mampu menyelesaikan masalah sendiri ketika menghadapi urusan yang tidak bisa ia selesaikan,

maka dia akan cenderung menyalahkan lingkungan sekitar atau menyalahkan diri sendiri.

Namun orang yang merasa urusannya Tuhan yang mempermudah, ia meyakini bahwa semua kegiatan yang di kerjakan ada andil Tuhan di dalamnya, semua adalah ketetapanNya, ketika urusannya dirasakan sulit maka seseorang itu akan kembali kepada

Tuhan sang penguasa Alam.

Seperti Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam ketika mendapat kesulitan, Hal pertama yang dilakukan bukan memikirkan jalan keluar sendiri hingga merasa berantakan atau bahkan setres.

Hal pertama yang dilakukan Rasulullah ialah "Sabar dan Shalat" seperti yang di riwayatkan;

Dari Hudzaifah radhiallahu anhu, ia berkata,

“Apabila Rasulullah shallallahu alaihi wassalam menemui suatu kesulitan, maka beliau segera mengerjakan shalat.”

(Hadits Riwayat Ahmad, Abu Dawud).

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post