Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Covid 19 dan Model Belajar Kita

Covid 19 dan Model Belajar Kita

Ada hikmah besar yang bisa kita petik dan ambil sejak kasus covid-19 muncul dan adanya program #BelajardariRumah yaitu kita menjadi mau tak mau harus melek teknologi . Kalau sebelumnya orang tua dan guru mungkin hanya familiar dengan whatsapp dan youtube, sekali-kali email itupun sudah jarang dipakai. Sejak era pandemic covid-19 ini, maka kita kenal dengan Microsoft sway sebagai media pembelajaran daring berbasis web, ada juga google form, aplikasi meeting seperti zoom, skype dan sebagainya.

Secara otomatis kondisi berpindahnya belajar siswa dari sekolah ke rumah, maka teknologi berperan besar untuk menghubungkan antara guru dan siswa. Guru dan siswa tidak berada dalam satu ruangan yang sama seperti diruang kelas sekolah. Media ini tentu saja membutuhkan teknologi. Pertama aplikasi teknologinya kedua adalah jaringan internetnya itu sendiri.

Model belajar daring ini sedikit banyak mendapatkan reaksi dari berbagai pihak, orang tua dan juga guru itu sendiri. Karena sesuatu yang baru pasti butuh adabtasi dan perubahan. Berbagai masalah muncul, jaringan internet yang tersedia tidak memadai, atau bahkan tidak ada jaringan internet. Penggunaan aplikasi teknologi yang kurang faham alias gagap teknologi. Tapi semua itu mau tak mau harus dijalani dan dibiasakan. KOndisi menuntut seperti itu. Kita harus cepat menyesuaikan diri dengan keadaan, jika tidak bisa tertinggal dan ditinggalkan zaman.

Model belajar daring ini tentu saja memberikan pelajaran berharga kepada kita bahwa banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam proses pembelajaran. Banyak alternative pembelajaran yang bisa kita gunakan agar pembelajaran bisa menyenangkan dan membuat peserta didik bahagia. Tentu saja model-model ini bisa kita kembangkan dan kita gunakan ketika nanti proses pembelajaran sudah normal kembali seperti sedia kala.

Pembelajaran di sekolah sangat bisa divariasikan dengan banyaknya model dan alternative pembelajaran dan model teknologi yang mensupportnya. Sehingga variasi model dan metode pembelajaran ini akan membuat peserta didik tidak pernah bosan belajar. Suasana belajar juga akan selalu hidup dan penuh dinamika. Belajar sangat dinamis dan penuh tantangan. Namun, teknologi tentu saja sangat menuntut kita untuk bisa menjadi pembelajar cepat dan mau terus belajar. Kalau kita terus belajar dan punya kemauan yang kuat insya Allah bisa. Wallahu’alam bissowab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post