Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Media Guru dan Indosat Yang Luar Biasa

Webinar Media Guru dan Indosat Yang Luar Biasa

Selasa, 02 Juni 2020 Media Guru kembali melaksanakan webinar bekerjasama dengan Indosat regional Jabodetabek. Oh ya bagi yang belum tahu apa itu webinar. Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet.

Webinar dibuka oleh Bapak Muhammad Ihsan CEO Gurusiana dan Media Guru. Dalam pengantarnya M Ihsan memberikan penjelasan tentang awal muasal berjalannya webinar ini yaitu lahir jauh sebelum pandemi covid-19 ada yaitu 30 januari 2020. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya kerjasama bersama antara Media Guru dan Indosat di Surabaya. Beberapa webinar sudah dilaksanakan, Jatim Bali Nustra, Sumatera, Jabotabek, berikutnya Jateng, Jatim DIY.

Media Guru berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan pencerahan kepada para guru indonesia dalam penggunaan internet dalam dunia pendidikan. Media Guru terus melakukan kampanye internet pendidikan kepada guru-guru Indonesia. Apalagi hari ini ditengah pandemi covid-19 dimana sekolah dipindahkan ke rumah, maka otomatis guru melakukan pembelajaran secara daring. Suka tidak suka guru harus bersahabat dengan teknologi dan internet, dan harus bisa memanfaatkan internet dalam melakukan pembelajaran. Untuk itulah berbagai materi dari narasumber-narasumber berkompeten yang dihadirkan dalam setiap webinar yang dilakukan Media Guru dan Indosat ini.

Dari pihak Indosat regional Jadebotabek di sampaikan oleh Mbak Evaro. Indosat sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan Media Guru dalam mengkampanyekan internet di dunia pendidikan. Webinar ini sebuah alternatif bagi guru untuk tetap bisa menambah skill dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan. Indosat Jadebotabek memberikan 75 paket perdana Indosat beserta pulsanya bagi 75 pendaftar pertama webinar kali ini dan Indosat juga memberikan 3 paket unggulan IM3 terbaru untuk 3 penulis terbaik yang dipilih oleh tim Media Guru.

Sedangkan keynote speaker yang hadir pada webinar ini adalah Moch. Salim Somad, S.Kom., M.Pd. Kepala LPMP DKI Jakarta. Salim Somad mengapresiasi Media Guru yang telah mempelopori peningkatan kompetensi guru khususnya dalam penulisan buku dengan program SAGUSABU (satu guru satu buku) yang telah menerbitkan 8000 an buku. LPMP juga memfasilitasi guru yang punya kemampuan menulis untuk di muat di jurnal pendidikan LPMP DKI Jakarta.

Webinar kali ini menampilkan pemateri yang mumpuni dan luar biasa sangat mencerahkan. Pemateri pertama Pak Haryanto S,Kom, M.Si. sebagai Pengembang Tehnologi Pembelajaran (PTP) dari LPMP DKI Jakarta. Materi yang disampaikan adalah Pembelajaran dimasa Pandemi. Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (Online). Oleh sebab itu guru harus bersahabat dengan teknologi dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Sangat dibutuhkan kreatifitas dan kemampuan penggunaan teknologi akan sangat menentukan kualitas pembelajaran yang diberikan.

Pemateri berikutnya Ibu Valeria Sonata, S.Si.MM,.M.Th. Guru Kimia di Ichthus School Jakarta. Materi yang disampaikan adalah Virtual Reality sebuah konsep pembelajaran online untuk mata pelajaran yang membutuhkan praktikum dengan menggunakan aplikasi MediaLab.

Ibu Tuti Agiawati, S.Pd.,MM Kepala Sekolah SDN Rambutan 03 Jakarta,sebagai pemateri ketiga. Materi yang dibawakan adalah penggunaan aplikasi Google Suite for Education. Sebuah aplikasi yang memungkinkan guru bisa memberikan pembelajaran secara daring kepada siswanya di rumah.

Pemateri berikutnya tidak kalah luar biasanya. Bapak Dr. Asep Sutisna Sanjaya, M.Pd, SDN 03 Klender Jakarta. Seorang doktor (S3) yang bagi sebagian orang masih agak sedikit 'aneh' mengajar pada tingkat Sekolah Dasar. Materi yang beliau sampaikan adalah Hypnoteaching daring sebagai pemicu produk kreatif siswa.

Kenapa memakai hypnoteaching? bahwa kita dipaksa untuk belajar dari rumah tanpa bisa ke sekolah. Namun, dalam perjalanan pembelajaran jarak jauh ini tentu memiliki imbas kepada kejenuhan dan semangat siswa apalagi jika proses pembelajaran yang diberikan guru sangat monoton.

Penulis Buku Gelandangan jadi Doktor ini juga menjelaskan bahwa hasil yang sudah dilakukan, dengan hypnoteaching ini. siswa sangat termotivasi dan terus bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan 100% dalam pengumpulan tugas-tugas yang diberikan guru. Tidak itu saja, Pak Asep beserta siswa-siswanya berhasil mengeluarkan karya buku Antologi Ku Ingin Kembali Bersekolah, dll. Luar biasa.

Tentu saja penulis berharap bahwa program yang sudah digagas Media Guru bekerjasama dengen Indosat ini tetap eksis dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi para guru dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dalam upaya memajukan pendidikan nasional. Semoga Media Guru dan Indosat semakin maju. Terima kasih.

Jaya selalu Pendidikan Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase komplit

04 Jun
Balas

terimakasih buk

12 Jun

Thank urk iinformasinya. Salam kenal

04 Jun
Balas

salam kenal juga

12 Jun



search

New Post