Irfan Syahrul

Guru Garis Depan Alumni Prodi Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenang Makna Toleransi di Negeri Para Raja

Mengenang Makna Toleransi di Negeri Para Raja

Saya merasa beruntung pernah mengabdikan diri di papua. Tepatnya di Kabupaten Raja Ampat. Selain karena keindahan alamnya, masyarakatnya yang ramah membuat siapa saja betah tinggal di sana. Waktu itu saya mengikuti program pemerintah yang bernama Sarjana Mendidik Di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). Saya ditugaskan di SMA Negeri 4 Raja Ampat yang terletak di Distrik Misool Barat. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah menengah atas yang ada di Distrik Misool Barat.

Distrik Misool Barat terdiri dari beberapa kampung. Ada perkampungan muslim dan ada perkampungan kristen. Hal yang menarik dari distrik ini adalah masyarakatnya yang sangat toleran dan memiliki semangat gotong royong. Hal ini terlihat saat masyarakat muslim sedang melakukan pembangunan masjid, maka umat kristen datang membantu. Begitupun sebaliknya, jika umat kristen membangun gereja, umat islam pun turut memberikan bantuan.

Semangat toleransi ini pun ditunjukkan di sekolah. Tidak pernah saya menemukan adanya pertengkaran di antara siswa. Baik itu siswa muslim ataupun siswa non muslim. Mereka benar-benar menunjukkan semangat persaudaraan yang sangat baik.

“Selamat Hari Lahir Pancasila”

Sesungguhnya Indonesia Itu Damai. Yang membuat gaduh itu hanya netizen yang gagal mikir :D

(Ungkapan “Saya Indonesia, Saya Pancasila” menjadi percuma jika nilai-nilai luhur pancasila tidak kita implementasikan)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak, saya salut

01 Jun
Balas

terima kasih

01 Jun

Benar pak, nilai Pancasila takkan berarti jik tidak diamalkan.

01 Jun
Balas

mantap...

01 Jun

Jadi kangen pak guru . Terima kasig atas didikan nya sekama disana pak. Mohon maaf sekiranya kami telah banyak melakukan kesalahan selama berada di bangku sekolah pak. .

02 Jun
Balas

Wah..... dapat koment dari mutiara hitamku. Semoga lancar kuliahnya. Sukses selalu :D

02 Jun



search

New Post