Irlidiya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rapat Evaluasi sebagai Refleksi Akhir Tahun

Rapat Evaluasi sebagai Refleksi Akhir Tahun

Rapat evaluasi dalam sebuah organisasi terlebih lembaga yang bergerak di bidang pemerintah menjadi hal sangat urgen. Perhelatan yang menjadi momen tepat untuk mengevaluasi perjalanan setahun yang telah terlewati, untuk kemudian melakukan upaya perbaikan sekaligus menyatukan gerak langkah untuk saling bergandeng tangan berkolaborasi mencapai tujuan lembaga. Kegiatan yang idealnya menginformasikan kualitas kontribusi staf atas kinerjanya, juga mendapatkan umpan balik yang konstruktif dan positif, serta memberi peluang untuk menyusun rencana strategis di masa yang akan datang setidaknya satu tahun ke depan.

Rapat evaluasi juga memberikan wawasan bagi pimpinan tentang siapa yang berkinerja terbaik, bentuk dukungan apa yang perlu diberikan kepada staf agar dapat meningkatkan kinerjanya, sekaligus menjadi peluang promosi bagi staf sebagai reward atas kinerjanya.

Tahun 2022 ini BPPMPV KPTK Kemdikbudristek menggelar rapat evaluasi di hotel Misiliana Toraja Utara. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya terus berupaya melakukan perbaikan. Kegiatan yang menghadirkan seluruh staf sejumlah 120-an dari unsur pejabat fungsional; widyaprada, widyaiswara, Pengembang Teknogi Pembelajaran, dan pelaksana.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini memberi ruang bagi semua untuk memaparkan program kerja yang telah terealisasi. Menyampaikan kendala dan harapan dari setiap bidang pekerjaan. Mulai dari pokja TURT, resepsionis dan sek Ka Balai dan Kasubag, pokja BMN, penyusun program dan oprator RKAKL, pokja data, penyusun laporan keuangan dan nilai lakip, pokja kepegawaian, pokja persuratan, PPK PPSPM BP, tim RBI, dan humas.

Rapat evaluasi yang terlaksana tanggal 27-30 Desember juga sebagai ajang mempererat tali silaturrahim sesama pegawai ini, dibuka oleh Kepala balai, Dr. Rusdi, M.Pd. Harapan beliau agar seluruh staf dapat mengkuti kegiatan dengan baik, bersama-sama memikirkan apa yang terbaik buat balai, apa yang masih peelu ditingkatkan, dan inovasi-inovasi apa yang perlu dilakukan agar kehadiran balai semakin memberi makna.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas layanan lembaga ke depan. Inti dari semua pemaparan dari setiap area dikunci oleh tim RBI. Bahwa layanan kepada pelanggan akan maksimal, profesional, dan marwah lembaga akan terjaga jika semua staf sadar dan melaksanakan pekerjaan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Bekerja sesuai bidang memberi yang terbaik buat lembaga.

Sebagai lembaga yang membidangi Teknologi Informasi dan Komunikasi alangkah eloknya jika penggunaan literasi digital semakin ditingkatkan. Agar memudahkan dalam mengakses berbagai informasi balai, misalnya kegiatan-kegiatan yang sedang berjalan menggunakan aplikasi yang memiliki berbagai fitur yang dapat dilihat oleh siapapun yang berkepentingan.

Di samping itu, kegiatan ini hendaknya bukan hanya mengevaluasi kinerja lembaga, tetapi juga sebagai ajang evaluasi diri. Menilai kinerja kerja sendiri, termasuk pencapaian apa pun, apa yang telah berhasil, dan tanggung jawab tambahan di luar peran, apa yang masih harus ditingkatkan. Kesemuanya ini diisi melalui format penilaian diri sendiri. Hasil isian ini memetakan potret diri. Mengetahui kekuatan dan kelemahan, sekaligus melihat peluang dan tantangan yang akan dihadapi. Juga mendapatkan perspektif yang lebih luas dari kinerja staf secara keseluruhan.

Hal ini penting untuk menjadi pribadi yang siap berkontribusi positif buat lembaga. Bermetamorfosis menjadi pribadi yang lebih baik sehingga eksistensi di lembaga semakin bermakna, dan yang lebih penting adalah bagaimana memaknai peran sebagai ASN BERAKHLAK.

Selamat menapaki kehidupan yang lebih baik di tahun 2023.

Berikhtiar ke arah yang lebih baik.Berkinerja, Berkarya dan berinovasi, memberi andil dalam peningkatan kualitas diri maupun lembaga dari tahun ke tahun.

Wallahu A'lam bissawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post