Praktikum Membuat Magnet (tagur hari ke-12)
Alhamdulillah awal tahun 2022 tepatnya tanggal 3 Januari 2022 sudah memasuki semester genap untuk tahun pelajaran 2021/2022. Yang lebih membahagiakan adalah sekolah sudah diperkenankan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau biasa dikenal dengan ptmt.
Menyesuaikan dengan edaran kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten lampung barat, maka ptmt diselenggarakan tiap hari untuk seluruh siswa namun penyelenggaraannya diadakan dalam dua sesi yaitu pagi dan sore. Hal ini karena siswa diperkenankan belajar tatap muka di kelas dengan kapasitas 50%.
Mengawali pembelajaran IPA di semester genap ini di pertemuan kedua pada minggu pertama saya mengajak siswa melakukan aktivitas pembelajaran praktik menyelidiki sifat kemagnetan berbagai macam bahan dan cara membuat magnet.
Alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan praktikum serta petunjuk praktikum sudah terdapat di dalam buku paket IPA siswa yang sudah dibagikan sebelumnya.
Untuk praktik pembuatan magnet siswa membawa bahan sendiri dari rumah kecuali magnet batang yang sudah tersedia di laboratorium IPA di sekolah.
Alat dan bahan yang diperlukan untuk prsktik pembuatan magnet adalah sebagai berikut:
1. Magnet batang
2.Paku besi
3.Paku baja
4.Kawat tembaga
5. Paku kecil atau klip kertas.
6. Batu batere
Langkah-langkah praktikum:
1. Membuat magnet dengan cara induksi
1). Dekatkan sebuah paku besar dengan magnet lalu dekatkan paku kecil atau klip kertas dengan paku besar tadi, kemudian amati apa yang akan terjadi dengan paku kecil atau klip kertas tadi.
2). Jauhkan magnet dari paku besar tadi, apakah paku kecil/klip kertas tersebut masih menempel?
3). Jelaskan sifat kemagnetan yang didapatkan oleh paku besar tafi.
2.Membuat magnet dengsn cara elektromagnetik.
1). Ambil sebuah paku yang cukup besar, kemudian lilitkan kawat tembaga pada paku tadi sisakan kawat kurang lebih 2 cm fi bahian susi kiri dan kanan paku.
2). Hubungkan sisa kawat yang tidak melilit paku dengan batu baterai.
3). Dekatkan paku yang sudah dililit dan dihubungkan dengan batu batersi tersebut paku kecil atau klip kertas, amati apa yanf terjafi.
4),Bagaimana sifat kemagnetan yang dihasilkannya?
3. Membuat magnet dengan cara menggosok
1). Ambil sebuah paku berukuran besar kemudian gosok satu arah oleh sebuah magnet pada salah satu kutubnya satu arah.
2). Setelah digosok beberapa saat, dekatkan paku tersebut dengan paku kecil atau klip kertas. Amati yang terjadi.
3). Bagaimana sifat kemagnetan pada paku setelah digosok?
Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan dan diamati siswa dalam praktikum pembuatan magnet. Kemudian siswa diharuskan membuat laporan dari kegiatan tersebut.
Liwa, 12 Januari 2022
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terus berbagi praktik baik, Bu Irma. Terima kasih atas kunjungannya.
Bentuk merdeka belajar, siswa senang
Wah, kegiatan praktikum dalam belajar pasti membuat siswa bersemangat dan termotivasi. Selain itu, pasti tersimpan baik dalam memori siswa. Mantap, Dinda.
Terimakasih apresiasinya Enin.
Mantap surantap kegiatan praktikumnya Bu Guru. Sehat n sukses selalu ya. Barokallah
Aamiin. Doa yang sama untukmu Jeng.
Anak anak pasti suka. Dan kelas jadi ramai, mereka senang kalau praktik. Kadang kita kewalahan ya say. Sukses terus ya
Terimakasih Enin sudah berkenan singgah.
Tulisan yang bermanfaat. Salam literasi.
Luar biasa kegiatan praktikumnya yang pasti anak jadi tidak merasa bosan belajarnya ya bund
Wauw...keren & menarik bgt itu say. Mrd pasti senang...
Ya Oma, kegiatan praktikum membuat siswa belajar dengan mengamati langsung prosesnya. Terimakasih apresiasinya.
Pembelajaran yang menyenangkan karena dilakukan dengan praktek langsung. Anak-anaknya pasti senang
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus
Waah...biasanya klo pertama masuk materinya blm praktek, ...hebat bu guru Irma niih semangat terus