Irma Suryani Lubis SPdI

Guru Indonesia untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia yang dipanggil dengan Community Learning Centre (CLC)...

Selengkapnya
Navigasi Web

Lomba Pembuatan Video Pembelajaran

#Tantangangurusiana

hari ke 13

Setelah pandemi covid 19 menghambat kegiatan setiap orang bersambung pada penonaktifan kegiatan belajar mengajar disekolah. Guru melakukan belajar dari rumah melalui aplikasi-aplikasi di smartphone . Guru menghadapi tantangan baru.

Pada situasi pandemi ini segala hal dibuat digital. Pada dua bulan lalu .Kami guru-guru Indonesia di Sabah dan Sarawak Malaysia banyak menjalani meeting virtual dengan beragam tema ,salah satunya adalah. membuat video pembelajaran bagi anak didik dan tidak sampai di webinar saja namun guru-guru diajak mengikuti lomba pembuatan video pembelajaran bersama BPMTPK (Balai Pengembangan Media Telivisi dan Pendidikan) dalam rentang waktu dua bulan.Sungguh hal ini mencabar sekali mengingat ini adalah kali pertama saya ikut.

Rasa bingung menghampiri fikiran saya . Berusaha mencari materi yang menarik untuk dijadikan video ditambah dengan pengetahuan yang hanya sekelas anak bawang. Bermodalkan ilmu dari webinar dan internet saya tetap semangat walau banyak menemukan hambatan dan tantangan.

Setelah kebingungan yang berminggu-minggu singgah dikepala saya. Saya memutuskan mengambil materi Fabel pelajaran SMP kelas VII. DI Sarawak saya mengajar pelajaran Bahasa Indonesia. Bismillah langkah kedepan. Dalam jangka waktu 3 minggu ,pembuatan video selesai. Pemeran didalam video saya adalah murid-murid disekolah saya. Diperankan enam orang sebagai pemeran fabel berjudul Persahabatan Tikus dan Singa karya saya sendiri.

Setelah pembuatan video dan editing ,saya mengirimkan kepada panitia dan mengunggah video tersebut ke Youtube. Pada bulan November lalu bersamaan dengan penutupan APKRES anak murid Sabah dan Sarawak . Pengumuman pemenang lomba video pembelajaran pun dimulai. Kategori pemenang dibagi menjadi Guru bina dan Guru pamong (saya) . Tanpa menunggu lama saya mendengar nama saya dipanggil sebagai juara pertama . Sungguh pengalaman luar biasa dan kemenangan yang menyenangkan. Akhirnya lelah berubah menjadi bahagia. Piagam penghargaan dan hadiah lainnya menjadi hadiah ditengah pandemi ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post