Irwansyah Saragih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Jannah, Cikarang Utara Sukses Mengadakan Pelatihan Praktik Pengurusan Jenazah.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Jannah, Cikarang Utara Sukses Mengadakan Pelatihan Praktik Pengurusan Jenazah.

Ahad (25/02/18), DKM Al-Jannah sukses mengadakan pelatihan perngurusan jenazah. Pelatihan ini diikuti sekitar lima puluh warga, perwakilan dari pengurus masjid/musholla di beberapa wilayah RT/RW Perumahan Central Park. Kegiatan berlangsung pukul 08.30-12.00 WIB, bertempat di gedung serba guna masjid Al-Jannah Perumahan Central Park, Desa Karangraharja, Cikarang Utara.

Dalam sambutannya, Ust.Mukhofin selaku pengurus DKM Al-Jannah Komisi Ibadah menyampaikan, “Semoga dengan terlaksananya pelatihan ini, terbentuk tim khusus yang akan mengurusi jenazah di Perumahan Central Park. Sehingga, kita dapat menangani pengurusan jenazah dengan cepat dan tepat. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, sudah seharusnya masyarakat Central Park belajar dan menyiapkan SDM dari wilayah sendiri.”

Pelatihan kali ini DKM Al-Jannah menghadirkan Ust.Abdurrohim dari pondok pesantren Sidogiri, Cikarang Timur. Ust.Abdurrohim bersama timnya menyajikan pelatihan dalam bentuk teori dan praktik. Ketika satu materi selesai dijelaskan, langsung dipraktikkan. Ada empat hal penting yang disampaikan oleh pemateri dalam perawatan jenazah, diantaranya : memandikan, mengkafani, mensholati, dan menguburkan. Tidak hanya itu, di awal pelatihan Ust.Abdurrohim juga menyampaikan hal apa yang perlu dilakukan ketika melihat orang yang sedang menghadapi sakaratul maut. Kemudian, apa langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika mengetahui ada orang yang baru meninggal dunia.

Ust.Abdurrrohim menyampaikan sekitar sembilan hal yang dapat dilakukan ketika mengetahui ada orang meninggal dunia, yaitu: (1) Memejamkan mata mayat. (2) Mengikat dagu. (3) Melemaskan tulang pesendian. (4) Melepas semua jenis pakaian dan aksesoris. (5) Menutupi tubuh mayat dengan kain tipis. (6) Meletakkan benda di atas perut, agar perut tidak gembung. (7) Meletakkannya di atas dipan. (8) Mengumumkan kematian. (9) Menyelesaikan tanggungan.

#Mr.Irwan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post