Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menentukan Peluang Kejadian (3)

5.032

Menentukan Peluang Suatu Kejadian (3)

Dari 17 orang pemain colorguat, 5 diantaranya laki-laki akan dipilih satu orang untuk menjadi fiel comandere. Dalam mempelajari peluang, pernyataan ini bisa dikategorikan dengan percobaan dengan beberapa kemungkinan atau peristiwa yang diharapkan akan terjadi, seperti:

1. Terpilihnya laki-laki sebagai field comandore

2. Terpilihnya perempuan sebagai field comandore

Jika dipilih 2 field comandere, maka kemungkinan lainnya adalah:

3. Terpilih keduanya laki-laki

4. Terpilih keduanya perempuan

5. Terpilih satu laki-laki dan satu perempuan

Untuk menentukan peluang dari berbagai kemungkinan, kita harus tentukan dulu ruang sampelnya. Untuk pilihan satu orang field komandor, ruang sampelnya sama dengan jumlah pemain, tetapi kalau dipiliih dua orang maka ruang sampelnya adalah 17C2.

Menjawab peluang kejadian nomor (1) dan (2), jumlah ruang sampelnya adalah 17 maka peluang terpilihnya laki-laki adalah 5/17 sedangkan peluang terpilihnya perempuang adalah 12/17. Sementara itu untuk peluang kejadian nomor (3), (4) dan (5), banyak ruang sampelnya adalah 17C2= 17X8 = 136, sedangkan peluang terpilih keduanya laki-laki adalah 5C2 : 17C2 = 5/68.

Peluang terpilih keduanya perempuan adalah 12C2 :17C2 = 33/68 dan untuk peluang terpilihnya satu orang laki-laki dan satu orang perempan adalah : 5x12/17C2 = 15/34.

Demikian, semoga bermanfaat.

Pariaman, 27 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Uda senior. Sukses selalu

27 Feb
Balas



search

New Post