Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Percobaan Menggunakan Kartu Bridge

5.024

Percobaan Menggunakan Kartu Bridge

Selain menggunakan dadu dan koin, pada percobaaan dalam ilmu mempelajari peluang sering digunakan kartu bridge. Jumlah kartu yang digunakan adalah 52 buah (dua joker dikeluarkan), disebut dengan seperangkat kartu bridge.

Dari seperangkat kartu bridge, terbagi atas dua warna yaitu warna hitam dan warna merah, masing-masing warna ada 26. Kartu warna hitam terbagi atas dua gambar, yaitu disebut dengan kriting (club) dan sekop (spade atau waru), sedangkan warna merah terdiri atas hati (heart) dan wajik (diamond atau berlian). Jadi ada 4 macam kelompok kartu bridge, yaitu kriting, sekop, hati dan diamond yang masing-masingnya berjumlah 13. Ke- 13 kartu tersebut terdiri atas kartu As, 2,3,4,5,6,7,8,9,10, Jeck, Quen, dan King.

Untuk percobaan menggunakan alat peraga kartu bridge, kita bisa membuat berbagai kejadian, misalnya seperangkat kartu bridge kita kocok dan diambil satu kartu maka kemungkinan yang akan terambil (kejadian) yaitu: terambilnya kartu merah, terambilnya kartu Jack kriting, termbilnya kartu diamond, dan sebagainya.

Terambilnya kartu berwarna merah maka jumlah titik sampelnya adalah 26. Terambilnya kartu Jack kriting, jumlah titik sampelnya 1. Termbilnya kartu diamond, maka jumlah titik sampelnya 13.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 18 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post