Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Percobaan Pelemparan Koin dan Dadu

5.023

Pelemparan Koin dan Mata Dadu

Disamping percobaan pelemparan satu jenis benda (koin atau dadu), kita bisa membuat percobaan dari kombinasi kedua benda tersebut. Misalnya percobaan pelemparan 1 koin dan 1 dadu sekaligus.

Koin yang mempunyai dua sisi muka dan belakang atau koin yang berupa mata uang logam mempunyai sisi angka dan gambar, kita anggap sebagai objek yang pertama, titik sampelnya, {m,b}. Selanjutnya dadu yang mempunyai 6 sisi dianggap sebagai objek yang kedua dengan titik sampelnya, {1,2,3,4,5,6}. Dalam percobaan pelemparan sekaligus kedua objek tersebut, titik sampelnya adalah {(m,1), (m,2), …(b,6)}. Jumlah ruang sampel dapat ditentukan dengan aturan pengisian tempat yaitu 2x6 = 12.

Untuk percobaan pelemparan sekaligus sebuah dadu dan dua buah koin, sebuah dadu dan tiga koin, dua dadu dan sebuah koin, dua dadu dan dua buah koin, jumlah ruang sampelnya dengan mudah kita tentukan.

Jumlah titik sampel dari percobaan pelemparan sebuah dadu dan dua buah koin adalah: 6 x 2 x 2

Jumlah titik sampel dari percobaan pelemparan sebuah dadu dan tiga buah koin adalah: 6 x 2 x 2 x 2

Jumlah titik sampel dari percobaan pelemparan dua dadu dan dua buah koin adalah: 6 x 6 x 2 x 2

Jumlah titik sampel dari percobaan pelemparan dua buah dadu dan tiga buah koin adalah: 6 x 6 x 2 x 2 x 2

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 17 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post