Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Percobaan Pelemparan Dadu

Percobaan Pelemparan Mata Dadu

Mata dadu berbentuk kubus berkerangka memilii 6 buah sisi, yaitu sisi mata 1,2,3,4,5, dan 6. Dalam percobaan pelemparan satu kali mata dadu, salah satu mata dadu akan muncul, disebut dengan peristiwa. Ada 6 peristiwa yang merupakan titik sampel, yaitu munculnya mata 1, 2,3,4,5, atau 6, ditulis S={1,2,3,4,5,6}, dan jumlah dari ruang sampel adalah n(S)=6.

Untuk percobaan pelemparan dua mata dadu sekaligus, titik sampelnya adalah (1,1), (1,2), (1,3), …., (6,6), ditulis S= {(1,1), (1,2), (1,3), …., (6,6)} dan n(S)= 36.

Untuk percobaan pelemparan tiga buah mata dadu sekaligus, titik sampelnya adalah (1,1,1), (1,1,2), (1,1,3), …., (6,6,6), ditulis S= {(1,1), (1,2), (1,3), …., (6,6)} dan n(S)= 216

Untuk percobaan pelemparan n buah mata dadu sekaligus, kita bisa membuat pola dari percobaan pelemparan 1,2,3 mata dadu atau dengan aturan pengisian tempat.

Untuk 1 mata dadu, memiliki ruang sampel yaitu n(S) = 6. Untuk 2 mata dadu, memiliki ruang sampel yaitu n(S) = 36 = 6x6. Untuk 3 mata dadu, memiliki ruang sampel yaitu n(S) = 216 = 6x6x6. Tentunya untuk 4 mata dadu akan memiliki ruang sampel yaitu n(S) = 6x6x6x6. Sehingganya untuk n mata dadu, memiliki ruang sampel yaitu n(S) = 6x6x….x6 sebanyak n buah.

Demikian, semoga bermanfaat

Pariaman, 16 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post